Dalam Kentalnya Nuansa Jawa, Ada Sepotong Arsitektur Tiongkok di Klenteng Zhen Ling Gong Yogyakarta

Dalam Kentalnya Nuansa Jawa, Ada Sepotong Arsitektur Tiongkok di Klenteng Zhen Ling Gong Yogyakarta
Klenteng Zhen Ling Gong dari luar. (Panduan Wisata)

Klenteng Zhen Ling Gong merupakan salah satu tempat ibadah bersejarah di Yogyakarta. Berumur 100 tahun lebih, klenteng ini sudah berdiri sejak Sultan Hamengku Buwana VII. Selain berfungsi jadi tempat ibadah, klenteng ini rupanya sempat berfungsi sebagai pusat pendidikan, lo.

Inibaru.id – Setiap kota memiliki kawasan Pecinan yang menarik untuk dijelajahi. Di Yogyakarta, Kampung Pecinan juga bisa kamu jumpai di kawasan Poncowinatan. Di kawasan ini, terdapat Klenteng Poncowinatan yang jadi persinggahan wisatawan. Pernahkah kamu mengunjungi klenteng ini?

Klenteng Zhen Ling Gong atau yang dikenal dengan nama Klenteng Poncowinatan berada di Jalan Poncowinatan No 16. Jika kamu berada di Pasar Kranggan, lokasi klenteng ini berada tepat di belakangnya.

Dengan luas sekitar 2.000 meter persegi, Klenteng Zhen Ling Gong memiliki 17 altar. Dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwana VII, nggak heran jika klenteng ini masuk dalam Benda Cagar Budaya (BCG).

https://cdn2.tstatic.net/jogja/foto/bank/images/altar-dewa_20160124_065546.jpg

Persiapan Imlek di Klenteng Zhen Ling Gong. (Tribunnews)

Pada zaman dahulu, Klenteng Zhen Ling Gong nggak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, lo. Warga Tionghoa juga menjadikannya sebagai sarana pendidikan. Lantaran masuk sebagai Benda Cagar Budaya, bangunan-bangunan kuno dengan arsitektur Tionghoa tetap dipertahankan di kawasan ini.

Hm, jika kawasan Pecinan Yogyakarta punya Klenteng Zhen Ling Gong, ada hal-hal menarik apa saja di kawasan Pecinan kotamu? Jangan sekadar jalan-jalan, tapi juga cicipi kuliner di sana untuk memanjakan lidah ya! (IB15/E03)