Catatan 2017: Lokawisata Kita yang Instagrammable Setahun Ini

Piknik, jeprat-jepret, dan unggah ke Instagram sudah jadi semacam kebutuhan banyak orang. Nah, kita yang kaya tempat wisata, lokawisata manakah yang paling banyak diunggah ke Instagram selama 2017?

Catatan 2017: Lokawisata Kita yang Instagrammable Setahun Ini
Wisata Kota Tua Jakarta (harnas.co)

Inibaru.id – Instagrammable menjadi istilah yang kerap disebut untuk menyebut objek yang layak diunggah ke Instagram. Umumnya, objek-objek itu berupa lokawisata.

Nah, selama 2017 ini lokawisata mana sajakah yang dinilai paling instagrammable? Brilio.net menulis, ada 10 objek atau tempat wisata yang banyak diunggah ke Instagram. Kesepuluh itu adalah Wisata Kota Tua (Jakarta), Bandara Internasional Soekarno Hatta (Tangerang, Banten), Jalan Malioboro (Yogyakarta), Pantai Kuta (Bali), Bromo Tengger Semeru (Jawa Timur), Pantai Pangandaran (Jabar), Candi Prambanan (Klaten, Jateng), Pantai Losari (Makassar, Sulawesi Selatan), Hutan Monyet (Ubud, Bali), dan Hutan Pinus Mangunan (Imogiri, Yogyakarta).

Kita ulas secara singkat tiga objek wisata saja, ya. Kita ambil yang belum seterkenal lainnya, yaitu Wisata Kota Tua di Jakarta, Hutan Monyet di Ubud, dan Hutan Pinus Mangunan di Imogiri

Wisata Kota Tua, Jakarta

 

Wisata Kota Tua Jakarta (wirasel.com)

Jakarta memang terkenal akan bangunan-bangunan tuanya. Salah satu tempat ikonik di ibu kota adalah Museum yang terdapat di Kota Tua. Di situ wisatawan dapat melihat penampakan Jakarta tempo dulu dan juga sejarah Jakarta sejak zaman Belanda.

Baca juga:
Cari yang Antik-Antik dan Unik-Unik? Ke Pasar Klitikan Jogja
Pulau Maratua, Surga Para Penyelam

Tiap akhir pekan, tempat wisata yang berada di jantung Jakarta ini selalu jadi pilihan keluarga untuk berlibur. Selain berkunjung ke museum, wisatawan juga bisa menikmati berbagai permainan di pelataran Museum Fatahillah seperti menyewa sepeda atau berfoto dengan para karakter kartun dan hantu.

Hutan Monyet, Ubud, Bali

 

Kera di Hutan Monyet Ubud. (ydcbalitour.com)

Kalau kamu berlibur ke Ubud, Bali, Hutan Monyet nggak boleh ketinggalan dikunjungi. Di sini, kamu akan bertemu dan berinteraksi dengan puluhan monyet yang berkeliaran.

Secara resmi, situs itu disebut Mandala Wisata Wenara Wana adalah cagar alam dan kompleks candi yang di dalamnya ada sekitar 340 ekor monyet ekor panjang (Macaca fascicularis).  Ada empat kelompok monyet yang menempati wilayah berbeda di taman ini.

Di tempat ini pula terdapat atraksi wisata populer di Ubud, dan sering dikunjungi oleh lebih dari 10.000 wisatawan per bulan. Luas hutan sekitar 27 hektare dan berisi setidaknya 115 spesies pohon yang berbeda.

Di Hutan Monyet ini pun juga terdapat sebuah pura yang bernama Candi Pura Dalem Agung Padangtegal dan juga sebagai "Sumber Kesucian" candi-candi lain dan digunakan untuk upacara kremasi.

Hutan Pinus Mangunan, Imogiri, Yogyakarta

 

Hutan Pinus Mangunan (reresepan.com)

Hutan Pinus Mangunan merupakan bagian dari Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mangunan yang lokasinya tak jauh dari Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Karena itu, orang-orang kerap menyebutnya dengan nama Hutan Pinus Imogiri. Di kawasan ini, pengunjung bisa menyaksikan deretan pohon pinus yang tegak menjulang dengan indahnya.

Ribuan pohon pinus di situ berdiri dengan tegak di kawasan seluas 500 hektare. Saat angin bertiup, daun-daunnya bakal mengeluarkan aroma khas hutan pinus yang tajam. Nggak heran jika banyak yang mencari ketenangan saat berkunjung ke Hutan Pinus Imogiri.

Baca juga:
Yuk ke Rumah Hobbit di Antara Rimbunan Pinus di Bantul
Berpetualang ke Coban Sumber Pitu Pujon

Kalau mau rehat atau bersantai-santai, kamu bisa juga  menyewa hammock, lo.

Nah, itu tempat-tempat yang paling banyak diunggah ke Instagram. Tapi tentu saja kamu boleh punya tempat favorit menurut versi kamu. (EBC/SA)