Cari Tahu Lebih Jauh Tentang Wayang di Kampung Wayang Solo, yuk!

Pengin memperkenalkan generasi muda pada kesenian bangsa? Kampung Wayang di Wonogiri bisa jadi tujuan wisata yang mengedukasi, lo. Di kampung ini, kamu nggak hanya berkesempatan mengenal pelbagai karakter wayang, tapi juga melihat bagaimana proses pembuatannya. Hm, sekeren apa wayang-wayang di sana?

Cari Tahu Lebih Jauh Tentang Wayang di Kampung Wayang Solo, yuk!
Pengrajin wayang di Kampung Kepuhsari. (Visitjawatengah.jatengprov)

Inibaru.id – Selain terkenal dengan batiknya, Kota Solo masyhur pula lewat kesenian wayangnya. Nggak heran jika lewat kesenian ini pula, dinas pariwisata mendukung dikembangkannya Kampung Wayang.

Bagi kamu yang belum pernah mengunjungi kampung ini, nggak ada salahnya meluangkan waktu untuk mampir ke sana, lo!

Secara administratif, Kampung Wayang Kepuhsari berada di Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri. Yap, meski ikut Kabupaten Wonogiri, orang-orang menganggap Kampung Wayang menjadi bagian dari Pariwisata Kota Solo.

Memasuki desa ini, suasana Jawa bakal begitu kental kamu rasakan. Di kampung ini, kamu bisa menyaksikan proses pembuatan wayang kulit hingga pertunjukan wayang. Kemudian, ada pula galeri yang memamerkan pelbagai wayang.

Kalau kamu berminat, jangan sungkan menanyakan harganya! Selain mempelajari proses pembuatannya, kamu juga mendapatkan ilmu baru untuk mengetahui pelbagai karakter dalam kesenian Jawa ini.

https://pbs.twimg.com/media/DcHz53aU0AAFcji.jpg

Turis mancanegara pun tertarik mempelajari wayang, lo. (Twiter.com/ Kampung Wayang Kepuhsari)

FYI, proses pembuatan wayang melalui beberapa tahap, yakni nyorek, ngeblak, tatah, sungging, dan gapit. Setiap tahap ini tentu dikerjakan dengan ketelitian tingkat tinggi. Nggak heran kalau wayang-wayang produksi kampung ini diminati banyak dalang.

Ki Mantep merupakan salah satu dalang yang menyukai produk Kampung Kepuhsari, lo. Bahkan, panitia Asian Games 2018 kemarin mengambil suvenir dari kampung ini untuk dibagikan pada para peserta, lo. Hm, terbukti berkualitas, kan?

Pengin beli? Nabung dulu, ya! Siapa tahu dengan memajang wayang di rumah, bikin kamu atau anggota keluargamu tertarik mempelajari dan melestarikan kesenian ini. Berminat belajar, Millens? (IB15/E03)