Candi Sari dan Candi Lawang, Candi Hindu di Kabupaten Penghasil Susu

Candi Sari dan Candi Lawang, Candi Hindu di Kabupaten Penghasil Susu
Candi Sari. (Kemdikbud)

Boyolali menyimpan dua candi yang bisa kamu kunjungi jika ingin menemukan jejak Hindu di kabupaten ini. Candi-candi itu adalah Candi Sari dan Candi Lawang. Sudah pernah ke sanakah kamu?

Inibaru.id – Jawa Tengah merupakan gudangnya candi, salah satu "penghasilnya" berada di Kabupaten Boyolali. Di kabupaten ini, terdapat dua candi yang sebaiknya nggak kamu lewatkan untuk dikunjungi. Kedua candi itu adalah Candi Sari dan Candi Lawang.

Candi Sari berada di Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo. Kendati berukuran sekitar empat meter dengan tinggi satu meter saja, candi bercorak Hindu ini cukup dikenal warga, bahkan dikeramatkan masyarakat setempat.

Candi ini mudah dikenali dengan empat patung stupa pada setiap ujungnya. Durga, Ganesha, dan Agastya menjadi arca-arca yang menghiasi candi ini. Selain tiga arca tersebut, terdapat pula arca Nandi yang merupakan sapi kendaraan Dewa Shiwa.

O ya, untuk menikmati keindahan candi ini, kamu nggak perlu membayar tiket masuk, lo.

http://4.bp.blogspot.com/-Jg1011wbeKw/TsG20yMVnyI/AAAAAAAACIc/DiTg9lOtsQ4/s1600/PICT1743.JPG

Candi Lawang. (nyariwatu.blogspot)

Puas mengamati Candi Sari, mampirlah ke Candi Lawang yang jaraknya nggak lebih dari lima kilometer. Berlokasi di Dusun Dangean, Candi Lawang terdiri atas satu candi induk dan empat candi pewara. Dilihat dari bentuk kakinya, candi ini diperkirakan berasal dari tahun 700-800 Masehi.

Bunga, hiasan geometris, dan motif kotak-kotak menjadi corak yang bisa kamu temukan pada Candi Lawang. Seperti Candi Sari, arca Durga dan Agastya ditemukan di candi ini.

Pengin mengamatinya? Mampirlah ke Museum Radya Pustaka ya. Candi ini disimpan di sana, kok.

Selama mengamati candi-candi ini, jangan tinggalkan sampah apapun ya. Yuk, rawat dan lestarikan bersama warisan sejarah bangsa ini. (IB15/E03)