Bukit Pentulu Indah: Tempat Alternatif Berburu Sunrise di Kebumen

Bukit Pentulu Indah: Tempat Alternatif Berburu Sunrise di Kebumen
Salah satu potret menikmati sunrise di Bukit Pentulu Indah, Kebumen. (Kitaina)

Selain berburu sunrise di gunung, kamu juga perlu memburu sunrise di tempat ini. Bukit Pentulu Indah namanya. Bertempat di Kabupaten Kebumen, apa menariknya?

Inibaru.id – Sobat Millens termasuk tim pemburu sunrise? Kalau iya, cobalah memburu momentum sunrise di Bukit Pentulu Indah, Kebumen, Jawa Tengah.

Berada di area kebun dan hutan Desa Kaligending, Kecamatan Karangsambung, dataran tinggi yang juga disebut Bukit PI ini menawarkan sunrise yang indah. Kamu bisa menikmati matahari terbit dengan latar belakang Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Suasana pagimu makin lengkap karena kamu juga bakal disuguhi kabut tipis nan estetis untuk difoto. Cocok banget untuk kamu yang suka mengabadikan momen pagi hari dengan kamera!

Selain pemandangan sunrise yang indah, pengunjung juga disuguhi kabut seperti di atas awan. (Ceritaanggar.blogspot)
Selain pemandangan sunrise yang indah, pengunjung juga disuguhi kabut seperti di atas awan. (Ceritaanggar.blogspot)

Untuk mendapatkan foto yang instagramabel, kamu bisa naik ke gardu pandang di antara pepohonan pinus di sana. Yap, kawasan bukit ini memang dipenuhi dengan pinus. Jadi, selain mendapat momentum matahari terbit, kamu juga bisa merasakan teduhnya pohon pinus pada pagi hari.

Hiking Ringan

Bukit PI cocok untuk kamu yang suka hiking ringan. Dengan ketinggian sekitar 300 mdpl, kamu hanya perlu jalan sebentar dari parkiran. Namun, pastikan alas kakimu kuat untuk menyusuri jalanan tanah, ya!

Jalan menuju ke Bukt Pentulu Indah. (Tribunnews/Khoirul Muzaki)
Jalan menuju ke Bukt Pentulu Indah. (Tribunnews/Khoirul Muzaki)

Oya, kalau pengin menikmati sensasi menginap di hutan, kamu bisa camping di sini sehari sebelumnya. Jadi, saat mentari merekah di timur, kamu tinggal membuka tenda. Sembari menikmati kopi pagi menarik juga! Ha-ha.

Nggak punya kopi? Kamu bisa membelinya di warung-warung sekitar parkiran. Selain kopi, mereka juga menyediakan aneka makanan ringan hingga makanan utama dengan harga yang sangat terjangkau. 

<i>Camping </i>di Bukit Pentulu Indah. (Youtube/Bocahparka)
Camping di Bukit Pentulu Indah. (Youtube/Bocahparka)

Terus, kamu juga nggak perlu bawa tenda sendiri, karena ada jasa persewaan tenda di sana. Bikin tas lebih ringan nih! Fasilitas MCK dan tempat salat juga ada, kok. Mereka bahkan punya petugas kebersihan yang bikin Bukit PI senantiasa bersih. 

Mudah Diakses

Dari alun-alun kota, Bukit PI berjarak sekitar 21 kilometer; kira-kira butuh waktu 30 menit naik motor untuk menjangkaunya. Tenang, jalan menuju bukit yang selama empat tahun terakhir selalu ramai pengunjung ini cukup mudah diakses, kok. Jalanan sudah diaspal, jadi nggak perlu takut ban selip!

Untuk menikmati keindahan alam Bukit PI, kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 5.000 per orang. Kalau menggunakan kendaraan pribadi, kamu perlu menyiapkan bujet tambahan sebesar Rp 2.000 per kendaraan.

Gardu pandang yang ada di Bukit Pentulu Indah. (Ngadem)
Gardu pandang yang ada di Bukit Pentulu Indah. (Ngadem)

Wah, paket komplet banget kan? Kamu bisa menikmati pemandangan alam yang wah dengan harga yang murah. Lokasinya pun mudah dijangkau dengan kendaraan.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, boyong teman atau keluargamu ke sini! Oya, lokasi ini cuma cocok untuk sunrise, tapi nggak direkomendasikan untuk berburu sunset! (IB03/E03)