Bukit Pangonan, Padang Sabana Hijau yang Memanjakan Mata

Ingin rehat sejenak dari kesibukan dan memanjakan mata dengan hamparan ilalang di padang sabana? Sembari mendaki Bukit Pangonan, kamu bisa menikmati panorama sabana dari ketinggian Dieng.

Bukit Pangonan, Padang Sabana Hijau yang Memanjakan Mata
Bukit Pangonan. (visitcentraljava.com)

Inibaru.id – Pegunungan Dieng yang berada di Wonosobo, Jawa Tengah menjadi daya tarik wisata karena eksotisme alam yang dimilikinya. Nah, gunung apa yang kamu kenal dari deretan pegunungan Dieng, Millens? Selain Bukit Sikunir, Gunung Pakuwajan, dan Gunung Prau, ada Bukti Pangonan yang bisa jadi pilihan kamu untuk dijelajahi, lo.

Kalau sedang nggak ingin mendaki puncak yang tinggi dan terjal, maka Bukit Pangonan jadi destinasi yang cocok. Sejak 18 Februari 2016, pos pendakian bukit setinggi 2.300 mdpl ini telah dibuka untuk umum. Saat itu, peresmian dilakukan oleh Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, bersamaan dengan perayaan Tawur Agung Umat Hindu di Kawah Sikidang.

Baca juga:
Curug Gending Asmoro, Oasis di Tengah Hutan Bambu
Melongok Kehidupan Manusia Purba di Museum Sangiran, Sragen

Berada di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, pos pendakian Bukit Pangonan ditandai dengan bangunan rumah kayu permanen yang mempunyai halaman parkir luas. Sembari beristirahat dari perjalanan panjang setelah berangkat dari rumah, kamu bisa menikmati suasana jalur awal pendakian. Kalau cuaca cerah, kamu juga bisa melihat puncak gunung dari pos pendakian ini, lo. Untuk sampai ke puncak, hanya dibutuhkan waktu sekitar 20 menit.

Nah, yang unik Bukit Pangonan ini menyajikan pemandangan yang lain daripada Gunung Prau dan Sikunir. Dari Gunung Prau, pendaki bisa menikmati puncak yang luas dengan panorama memukau, sementara Sikunir memberikan sunrise yang hangat. Bagaimana dengan Bukit Pangonan?

Mengutip kesiniaja.com, Bukit Pangonan diselimuti lembah luas di puncak yang membentuk cekungan bekas danau yang mengering. Area tersebut lalu ditumbuhi ilalang yang membentuk padang sabana hijau yang menyenangkan untuk dipandang. Jika musim kemarau tiba, ilalang akan menguning dan menawarkan panorama indah yang memanjakan mata.

Ada kejutan lain juga, lo. Di Bukit Pangonan, pendaki juga bisa melihat candi.

“Di atas gunung juga ada temuan candi. Jadi bisa melihat, tapi lokasinya yang sebelah,” tutur Camat Batur, Sila sambil menunjuk bukit di belakang jalur awal pendakian, seperti ditulis kompas.com (21/2/2016).

Baca juga:
Dewa Langit Itu Bersemayam di Kelenteng Tertua di Nusantara
Menyaksikan Kemeriahan Imlek di Kota Seribu Kelenteng

Yup, Bukit Pangonan ini memang berada tepat di atas kompleks wisata Candi Arjuna. Candi warisan umat Hindu tersebut bisa diamati dengan jelas bahkan ketika pendaki baru beberapa langkah menaiki gunung.

Masih belum puas? Ketika turun dari puncak, bersiap-siaplah untuk memperoleh pemandangan nan menakjubkan dari Kawah Sikidang.

Wah, asyik banget, ya, Millens! Tertarik ke sana? (AYU/SA)