Brrr, Ternyata Ini Wilayah Terdingin di Indonesia, Bukan Dieng Lo!

Brrr, Ternyata Ini Wilayah Terdingin di Indonesia, Bukan Dieng Lo!
Inilah daerah terdingin di Indonesia, Distrik Mulia! (Indonesia.go.id)

Berita tentang Dieng yang membeku sering kita dengar. Hanya, ternyata Dieng bukanlah tempat terdingin di Indonesia, lo. Lantas, di manakah tempat tersebut?

Inibaru.id – Jika kamu kira Dieng adalah tempat terdingin di Indonesia, kamu salah Millens. Ada lo sebuah tempat yang sepanjang tahun suhunya selalu dingin. Kalau siang hari, suhunya hanya berkisar 15-20 derajat celsius. Sedangkan pada malam hari suhunya bisa mencapai 9 derajat Celcius.

Tempat tersebut adalah Distrik Mulia yang terletak di Kabupaten Puncak Jaya Wijaya, Provinsi Papua. Tempat ini ketinggiannya 2.448 meter di atas permukaan laut (mdpl). Dengan ketinggian tersebut, Distrik Mulia punya ketinggian yang hampir setara dengan Kawasan Ranu Kumbolo di Semeru atau hampir mendekati puncak Gunung Prau di Dieng.

Karena tinggi lokasinya yang bukan main, Distrik Mulia jadi satu-satunya daerah dingin berpenghuni yang ketinggiannya dikelilingi pegunungan Jaya Wijaya atau Puncak Jaya di Papua. Jumlah penduduknya cukup banyak, lo, yakni sekitar 24 ribu jiwa yang tinggal di wilayah seluas 883 kilometer persegi.

Hanya, Distrik Mulia ternyata masih jauh dari puncak Jaya Wijaya. Sebab, puncak tertinggi di Indonesia dan salah satu dari tujuh puncak gunung tertinggi dari tujuh benua ini memiliki ketinggian 4884 mdpl.

Perlu 16 Jam perjalanan darat. (Ediginting.com)
Perlu 16 Jam perjalanan darat. (Ediginting.com)

Untuk mencapai Distrik Mulia, kamu perlu usaha lebih dengan menggunakan pesawat kecil jenis Caravan yang hanya bisa dinaiki sembilan orang saja. Bahkan, kalau kamu pengin menempuh jalur darat, siapkan fisikmu untuk menempuh perjalanan selama 16 jam dari Kota Jayapura. Selama perjalanan darat, kamu akan dihadapkan dengan medan tanah yang berbatu. Selain itu, kamu juga akan melewati jurang di sisi kanan dan kiri pegunungan. Ngeri-ngeri sedap!

Sesampainya di lokasi, arsitektur khas Papua akan langsung menyambutmu di Distrik Mulia. Ya, masyarakat di sini masih menetap di rumah Honai yang cocok untuk menghangatkan diri karena bangunannya yang tanpa jendela.

Banyak Gunung Tinggi di Papua

Meskipun Distrik Mulia dinobatkan sebagai tempat terdingin di Indonesia, Papua masih punya berbagai wilayah lain yang juga nggak kalah dingin. Hal ini disebabkan oleh bentang alam Papua yang memang didominasi pegunungan tinggi.

Dari sepuluh gunung tertinggi di Indonesia, lima di antaranya terletak di Tanah Mutiara Hitam ini. Semuanya memiliki ketinggian lebih dari 4 ribu mdpl.

Papua punya beberapa daerah tertinggi di Indonesia. (Republika Online/Chairul Akhmad)
Papua punya beberapa daerah tertinggi di Indonesia. (Republika Online/Chairul Akhmad)

Lima gunung tinggi tersebut adalah Puncak Jaya Wijaya di Kabupaten Mimika dengan ketinggian 4884 mdpl, Puncak Mandala di Kabupaten Pegunungan Bintang dengan ketinggian 4.760 mdpl, Puncak Trikora di Tagineri Kabupaten Jaya Wijaya dengan ketinggian 4.750 mdpl. Selanjutnya adalah Puncak Valentiyn di Kabupaten Yahukimo dengan ketinggian 4.453 mdpl, serta Pegunungan Hens di Beoga, Kabupaten Puncak dengan ketinggian 4.061 mdpl.

Mengingat Indonesia adalah negara tropis yang hangat, ternyata ada ya wilayah Indonesia yang dingin. Hal ini tentu sangat menarik. Nah, kamu tertarik nggak untuk main ke Distrik Mulia, Millens? (Gnf/IB27/E07)