Brrr, Air Terjun Setatah Batealit Memang Nyegerin!

Kalau pas berkunjung ke Jepara, jangan cuma main di pantai ya. Cobalah berkunjung ke tempat lain seperti Air Terjun Setatah di Batealit. Meski bukan destinasi wisata yang diunggulkan, tapi banyak kok pengunjung yang jatuh cinta pada tempat ini.

Brrr, Air Terjun Setatah Batealit Memang <em>Nyegerin!</em>
Beberapa pengunjung sedang menikmati kesegaran Air Terjun Setatah Batealit Jepara. (Inibaru.id/ IsyahMaharas)

Inibaru.id – Meski saya dibesarkan di Jepara, tapi belum sekali pun saya datang ke air terjun ini. Kata teman saya sih indah banget. Tapi saya nggak akan setuju kalau belum melihat dengan mata kepala sendiri. Akhirnya, saya putuskan datang. Biar makin seru, saya mengajak teman.

Aliran sungainya deras juga ya. (Inibaru.id/ Isyah Maharas)

Tempat wisata Air Terjun Setatah ini berlokasi di Desa Batealit, Kecamatan Batealit, Jepara. Jalan menuju ke sana memang beraspal tapi sayangnya agak sempit. Dilarang kebut-kebutan ya. Bahaya!

Oya, untuk menuju lokasi saya harus parkir jauh karena lokasinya yang nggak bisa dilalui kendaraan.

Setelah memarkirkan kendaraan, sekitar 200 meter saya berjalan menuju lokasi. Benar saja, untuk menuju ke sana saya harus melewati sawah. Yups, berjalan di tengah sawah dengan jalan setapak. Meskipun demikian jujur saya takjub dengan pemandangannya yang indah. Rumput hijau yang membentang di area persawahan tampak seperti permadani. Udara juga sejuk dan segar.

Keramaian lokasi Setatah Batealit. (Inibaru.id/ Isyah Maharas)

Setelah melewati sawah, saya harus membayar Rp 2 ribu untuk masuk. Mata saya langsung mengarah ke tebing setinggi 10 m yang mengucurkan air. Meski sudah lama nggak turun hujan di daerah ini, ternyata debit air masih lumayan. Kondisi sungai juga bersih bebas sampah.

Nggak heran kalau para pengunjung tergiur untuk nyemplung ke dalam air. Namun, ada juga yang sekadar berfoto. Selesai main air, kamu bisa mampir ke warung-warung kecil di sekitar air terjun. Eits, jangan lupa buang sampah bekas camilan atau minumanmu ke tempat sampah ya.

Meski belum dikelola secara apik, Air Terjun Setatah layak banget untuk dikunjungi. Kapan-kapan saya pasti datang lagi. Millens m au ikut? (Isyah M/E05)