Hanya Dua Kata untuk Ternate: Kunjungi dan Nikmati!

Ternate memang penuh loka eksotis yang layak kunjungan. Branding pariwisata Enjoy Ternate semoga bisa menjadikan wilayah itu mendunia.

Hanya Dua Kata untuk Ternate: Kunjungi dan Nikmati!
Pantai Sulamadaha (Ketahui.com)

Inibaru.id – Pada Desember 2017, Ternate merilis branding pariwisata baru Enjoy Ternate untuk menyiapkan paket-paket wisata nomor satu. Enjoy Ternate dirilis bertepatan dengan pembukaan Festival Kora-Kora di Alun-alun Kota Ternate.

Mengutip dari jpnn.com (2/1/2017), Ternate berada di jalur perdagangan dan jasa Indonesia Timur dengan segudang destinasi alam dan sejarah memikat. Selain perdagangan rempah-rempah dunia, Ternate memiliki sejumlah benteng peninggalan Portugal dan Belanda.

Millens tahu, Benteng Oranje peninggalan Belanda yang berdiri pada 26 Mei 1607 didirikan oleh Cornelis Matclief de Jonge. Lokasi benteng ini berada di pusat kota Ternate, tepatnya di Jalan Hasan Boesoeri, Kelurahan Gamalama, Ternate.

Empat abad lalu, Benteng Oranje menjadi salah satu titik tersibuk di Pulau Ternate karena menjadi markas besar VOC. Itu sampai 1619 sebelum Gubernur Jenderal Jan Pieterszoon Coen memindahkan markas ke Batavia.

Baca juga:
Catatan 2017: Lokawisata Kita yang Instagrammable Setahun Ini
Cari yang Antik-Antik dan Unik-Unik? Ke Pasar Klitikan Jogja

Ada juga Benteng Tolukko yang bisa Millens kunjungi untuk melihat panorama indah, karena benteng ini menghadap ke arah Pulau Tidore dengan latar belakang Gunung Gamalama.

Selain kaya sejarah, Ternate memiliki keindahan alam memesona. Berada di wilayah segitiga karang dunia (coral triangle) dengan keanekaragaman hayati tinggi. Meskipun termasuk pulau kecil, Ternate masuk dalam gugusan gunung berapi aktif (ring of fire), Gunung Gamalama menjadi landmark Kota Seribu Benteng ini.

Ternate juga punya dua pulau eksotik lo, yakni Pulau Maitara dan Pulau Tidore. Keduanya pernah digunakan sebagai lukisan mata uang pecahan Rp 1000.

Millens juga bisa snorkeling dan diving kemudian melihat aneka terumbu karang buatan dari bangkai bus.

Nah, adalagi nih, bakalan diajak menikmati Pantai Sulamadaha, pantai yang menjadi habitat penyu sekaligus soft coral beraneka warna. Pilihan lainnya, ke perairan dekat Taman Nukila. Di lokasi tersebut, shipwreck (bangkai kapal) di kedalaman 4-5 meter atau ke perairan Pantai Falajawa, Pulau Hiri, Tanjung Rum, dan perairan Kalamata yang punya reef (tebing) seperti di Bunaken.

Baca juga:
Berpetualang ke Coban Sumber Pitu Pujon
Pulau Maratua, Surga Para Penyelam

Millens yang menyukai wisata alam pegunungan bisa juga mendaki Gunung Gamalama. Gunung jenis stratovolkano (mengerucut) berketinggian 1.715 meter di atas permukaan laut (mdpl). Tapi hati-hati ya karena termasuk gunung aktif. Di sana Millens bisa menikmati objek Batu Angus di kaki Gamalama dan pemandangan perkebunan cengkeh di lereng gunung.

Semoga Enjoy Ternate ini memberikan manfaat bagi citra pariwisata di Maluku Utara dan bisa mendunia tentunya.(LAM/SA)