Berenang Bersama Ikan-Ikan di Umbul Ponggok

Itu kolam alami yang dijadikan lokawisata. Di sana, kamu bisa menikmati sensasi berenang-renang bersama ikan-ikan dan berfoto bawah air.

Berenang Bersama Ikan-Ikan di Umbul Ponggok
Umbul Ponggok. (kampoengilmu.com)

Inibaru.id –  Sobat Millens, di Klaten, Jawa Tengah, ada lokawisata air khas yang bakal membuat kamu terkenang selalu kalau pernah ke sana. Di situ, kamu nggak hanya bisa berenang-renang menikmati air, tapi kamu bisa berfoto di bawah air. Sensasinya, wah!

Nama lokawisata itu Umbul Ponggok. Ini wisata kolam alami yang dikembangkan menjadi wisata air. Sumber mata airnya juga jernih dan segar. Tingkat keamanannya pun terjaga karena nggak ada gelombang besar.

Di sana, aneka jenis ikan warna-warni yang hidup di tempat itu menjadi daya tarik bagi siapa pun. Kamu juga bisa merasakan keseruan berenang bareng ikan dengan snorkeling. Nggak cuma itu, di sana kamu juga bisa latihan diving dengan fasilitas yang telah disediakan.

Kolam air di Umbul Ponggok sebenarnya sudah ada sejak zaman Belanda. Ukurannya 50 x 25 meter dengan kedalaman rata-rata 1,5- 2,6 meter. Itu ukuran pas untuk snorkeling.

Berbeda dengan kolam renang biasanya, dasar di kolam ini dibuat sealamiah mungkin. Hamparan pasir nan luas, bebatuan, dan ribuan ikan yang berenang bebas membuat tempat ini seperti halnya laut. Air kolamnya nggak amis loh, karena airnya mengalir terus.

Baca juga:
Siap-Siap Melihat Langsung Bunga Sakura di Lereng Gunung Lawu
Di dalam Kebeningan Air Telaga Sunyi Baturraden

Selain snorkeling dan latihan diving, bagi wisatawan yang nggak bisa berenang bisa naik perahu kayu mengelilingi umbul.

Oya,bagaimana anak-anak? Tenang, ada kolam berukuran pendek dan lebih dangkal untuk mereka.

Mahalkah? Nggak juga. Untuk sewa fasilitas snorkeling kamu hanya perlu membayar Rp 13 ribu, kaki katak untuk berenang Rp 7 ribu, pelampung Rp 7 ribu. Wah, terjangkau banget nih.  

Dilansir Liputan6.com (11/7/2017), di Umbul Ponggok pengunjung bisa mengabadikan berbagai foto underwater (bawah air) bersama ikan-ikan di dalam air dengan cara yang unik. Tersedia berbagai properti yang bisa digunakan untuk berfoto seperti becak, sepeda, motor vespa, tenda, meja, kursi taman, dan sebagainya.

Caranya kamu harus memilih terlebih dahulu properti apa yang ingin digunakan sebelum diberi pemberat di bagian pinggang. Pemberat ini berfungsi untuk membuat badanmu tidak melulu naik ke permukaan kolam. Untuk melakukan sesi pemotretan ini kamu harus membayar Rp 60 ribu untuk 30 menit atau Rp 100 ribu (maksimal  7 orang) untuk satu jam lama persewaan.

Lokasi Umbul Ponggok bisa ditempuh dari Semarang selama dua jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. Kamu bisa melalui rute dengan menggunakan aplikasi Google Maps kok.

Baca juga:
Puluhan Ribu Burung Migran Itu Mampir ke Pantai Cemara
Keheningan dalam Keindahan di Telaga Rawa Gede

Kapan kamu bisa menikmati Umbul Ponggok. Cek nih jam operasionalnya: pukul 8.00 -16.00 WIB. Tips untuk kamu yang mau melakukan sesi pemotretan, datanglah pada pukul 8.00 – 9.00 atau pukul 14.00 – 15.00 WIB. Harga tiketnya pun hanya Rp 15 ribu per orang.

Asyik kan tempatnya? Seru banget nih karena bisa ramai-ramai bareng teman dan keluarga. (ANG/SA)