Boleh Saja Traveling Sendirian, Asal Terapkan Dulu Tips-Tips Ini Demi Keamanan

Boleh Saja Traveling Sendirian, Asal Terapkan Dulu Tips-Tips Ini Demi Keamanan
Traveling sendirian harus lebih waspada ya! (Roughguides)

Traveler kerap menjadi sasaran empuk bagi para pelaku kriminal kalau nggak bisa menjaga dirinya. Nah, tanpa sadar, ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa para traveler ini "terlihat". Daripada menjadi korban, kamu yang hendak bepergian sebaiknya perhatikan dulu hal-hal berikut ini supaya tetap aman.

Inibaru.id – Ketimbang bersama seorang teman atau berkelompok sekaligus, sebagian orang merasa traveling sendirian jauh lebih menyenangkan. Selain lebih fleksibel dan bebas, solo travel bikin seseorang berkesempatan mengeksplor pelbagai hal sebanyak mungkin di perjalanan.

Sayang, traveling sendirian juga berarti menghadapi setiap kemungkinan berbahaya tanpa kawan. Supaya aman dan nyaman, nggak ada salahnya kamu menerapkan tips-tips di bawah ini.

Hindari Bertingkah dan Berpakaian Seperti Turis

https://herpackinglist.com/wp-content/uploads/2015/04/solo-female-traveler.jpeg

Berdandan casual dan nggak bawa tas besar bikin kamu nggak terlihat mencolok. (Herpackinglist)

Dengan bertingkah dan berpakaian seperti turis, kamu membuka peluang bagi orang lain yang pengin memanfaatkanmu. Jadi, untuk sejenak, singkirkan dulu deh keinginanmu memakai kaos yang dijual di toko cenderamata.

Kalau bingung, jangan pula buru-buru membuka map di tempat umum. Lebih baik pergilah ke toilet umum untuk membukanya, atau bertanya ke kantor polisi terdekat.

Jika sedang berada di keramaian, ingatlah untuk selalu tampil percaya diri biar kamu nggak terlihat seperti “mangsa yang empuk”.

Hindari Memakai Perhiasan

https://cdn.cliqueinc.com/cache/posts/80272/jewelry-brands-80272-1521489366719-main.700x0c.jpg

Jangan gunakan perhiasan mencolok. (Cliqueinc)

Perhiasan memancing orang untuk nekat berbuat jahat. Kalau kamu memutuskan bepergian sendirian, sebaiknya tinggalkan saja benda ini di rumah. Akan lebih aman bagi dirimu kalau kamu nggak mengenakannya.

Waspada

https://www.wanderingearl.com/wp-content/uploads/2018/11/Tourist-Crowds-Barcelona-1024x761.jpg

Waspadalah di keramaian. (Wanderingearl)

Terkadang, saat traveling, solo traveler membutuhkan bantuan orang lain. Nah, sikap waspada harus selalu kamu lakukan terhadap setiap orang di sekelilingmu.

Jangan mudah percaya pada orang-orang yang berbaik hati. Namun, jangan pula menunjukkan sikap defensif di depan mereka. Kalau sudah merasa cukup mengenal, siapa tahu mereka malah bisa jadi teman barumu?

Selama bersolo traveling, sebelum keluar, pastikan juga alat komunikasimu berfungsi dengan baik ya, Millens. Ini penting! Yeah, jaga-jaga kalau terjadi apa-apa biar bisa menghubungi nomor-nomor pusat bantuan.

Oya, sebelum pergi, pengisi daya dan power bank jangan lupa dibawa, ya! Have a nice trip! (IB15/E03)