Bikin Itinerary Agar Liburanmu Semakin Mudah dan Berkesan

Liburan baik lama atau sebentar, sangat membutuhkan perencanaan. Tanpa rencana perjalanan atau intinerary, bisa-bisa liburanmu kacau dan suram.

Bikin <em>Itinerary</em> Agar Liburanmu Semakin Mudah dan Berkesan
Membuat rencana liburan dengan menyiapkan itinerary. (Pinterest)

Inibaru.id - Ada hari libur yang singkat di tengah-tengah jadwal kerjaan yang padat dan supersibuk? Bisa banget lo hari libur itu dimanfaatkan untuk melancong ke luar kota bahkan luar negeri, asalkan kamu punya rencana perjalanan atau itinerary yang jelas.

Millens, berhasil dan nggaknya liburan bergantung dari bagaimana kamu merencanakannya. Sebelum memutuskan untuk piknik, apalagi dalam waktu kurang dari seminggu, membuat itinerary sangatlah penting. Jangan asal nggrambyang dan menganut prinsip “ngalir aja”, ya!

Lalu, bagaimana membuat itinerary yang betul? Dilansir dari Kompas.com (5/1/2016), inilah beberapa hal yang kudu kamu perhatikan saat merencanakan perjalanan biar nggak ada waktu terbuang percuma.

Berpikir Realistis

Saat datang ke suatu kota atau negara, kamu pasti kepengin untuk bisa datang ke banyak objek wisata ya. Namun, saking banyaknya objek wisata yang ada, kamu malah bingung mau pilih objek yang mana. So, bikinlah daftar tempat yang bakal kamu kunjungi berdasarkan skala prioritas. Daftar itu sangat berguna untuk menentukan berapa lama kamu berlibur di sana dan berapa lama waktu menuju ke sana.

Nggak sekadar menentukan destinasi wisata, kamu juga kudu mempertimbangkan tentang jadwal penerbangan, jam buka objek wisata, lama waktu transit penerbangan dan lain-lain.

Tentukan dengan Tepat Setiap Langkah

Menentukan waktu tempuh perjalanan menuju tempat wisata pastilah nggak bisa akurat. Namun, dengan mengetahui jadwal keberangatan bus atau pesawat, tingkat kemacetan dalam perjalanan dan lainnya, kamu jadi bisa memanfaatkan waktu dengan optimal. Misalnya kamu bisa menentukan waktu yang tepat untuk makan atau beribadah sembari menunggu pesawat atau bus datang.

Gunakan Aplikasi dan Website

Ada banyak situs dan aplikasi yang bisa membantumu membuat itinerary. Dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi itu, kamu bakal mendapat segala informasi terkait perjalananmu seperti peta, arah, cuaca bahkan cerita dari wisatawan lain.

Nggak hanya itu, situs atau aplikasi tersebut juga bakal memberikan rekomendasi bagaimana cara mencapai tempat tujuan, kegiatan apa yang dapat kamu lakukan, daftar hotel, jadwal penerbangan dan lainnya.

Jika tiga hal tadi sudah kamu terapkan dalam menyusun rencana perjalanan, berarti kamu telah berupaya mewujudkan liburan yang berkualitas dan efisien. Semoga saat tanggal di kalender kembali hitam, jiwa dan pikiranmu sudah siap untuk kembali beraktivitas, ya. (IB20/E04)