Bikin Deg-degan, Berenang Bareng Hiu di Pulau Menjangan Besar Karimun Jawa
Pengunjung berinteraksi dengan hiu-hiu di penangkaran di Pulau Menjangan Besar. (inibaru.id/ Issahani)

Bikin Deg-degan, Berenang Bareng Hiu di Pulau Menjangan Besar Karimun Jawa

Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika liburan ke Karimun Jawa adalah penangkaran hiu di Pulau Menjangan Besar. Di sana Hiu yang diketahui sebagai predator ganas itu bisa bersahabat dan bisa diajak berfoto-foto.

Inibaru.id - Meskipun hiu dikenal sebagai pemangsa ganas, di Pulau Menjangan Besar Karimun Jawa kamu bisa lo berenang bersama mereka. Jangan salah, penangkaran hiu di pulau ini sangat diminati wisatawan lo. Mereka nggak ada ngeri-ngerinya berenang dan berfoto bersama hiu.

Jangan kuatir, hiu-hiu ini jinak kok. Selama kamu berinteraksi juga bakal ditemani pawang. O ya pulau ini merupakan yang terdekat dari pulau utama.

Dermaga selamat datang di Pulau Menjangan Besar, Karimun Jawa. (inibaru.id/ Issahani)

Dari Pelabuhan Karimun hanya dibutuhkan waktu sekitar sepuluh sampai lima belas menit. Andreas, pramuwisata yang mendampingi saya mengatakan kalau nggak ada penangkaran, hiu-hiu itu akan diburu untuk kemudian dijual. Harganya bisa tinggi banget lo. Makanya perlu dilindungi biar jumlahnya nggak terus berkurang.

“Nanti kalau sudah besar akan dilepas kok. Kalau umurnya sudah lima belas tahun kira-kira,” terang Andreas.

Kamu yang senang menantang adrenalin pasti nggak bisa menolak sensasi wisata di sini. Hiu-hiu yang lekat dengan imej menakutkan bisa kamu sentuh, elus-elus, dan ajak berfoto ria. Tapi ingat ya, kamu harus selalu berkomunikasi dengan pawang kalau mau melakukan sesuatu. Terutama kalau pengen foto-foto.

Meskipun sensasinya bikin deg-degan tapi kamu harus tetap tenang ya selama di dalam air. Gerakan yang berlebihan karena gugup bisa bikin hiu nggak nyaman.

Keramba-keramba ikan di sekitar Pulau Menjangan Besar. (inibaru.id/ Issahani)

Lelah main-main bareng hiu, kamu bisa bersantai di dermaga sambil menikmati panorama yang kece badai. Angin laut yang menyejukkan dan suara ombak-ombak kecilnya yang menenangkan, pasti bikin kamu ogah pulang.

Biasanya masuk ke penangkaran hiu di Pulau Menjangan Besar sudah ada dalam paket trip. Jadi kamu nggak perlu bayar tiket masuk. Tapi biar lebih jelasnya kamu harus memastikan destinasi ini ke agen perjalananmu ya. Gimana, Millens tertarik ke sini juga nggak? (Issahani/E05)