Berziarah ke Rumah Doa Terbesar di Indonesia, Gua Maria Kaliori

Berziarah ke Rumah Doa Terbesar di Indonesia, Gua Maria Kaliori
Gua Maria Kaliori, tempat ziarah terbesar di Indonesia. (Instagram/Catholic Photography)

Gua Maria Kaliori menjadi salah satu rumah doa terbesar dengan fasilitas yang lengkap di Indonesia. Seperti apa ya gua ini?

Inibaru.id – Kamu tahu nggak kalau di Kabupaten Banyumas ada tempat wisata religi nasrani terbesar di Indonesia? Di sana, ada sebuah tempat ziarah yang luasnya sekitar 5,6 hektare. Namanya adalah Gua Maria Kaliori.

Gua Maria Kaliori ini berlokasi di Desa Kaliori, Kecamatan Kalibagor, sekitar 20 km dari Kota Purwokerto. Gua ini dibangun di atas bukti kecil yang dulunya terkenal tandus. Kini, bukit kecil tersebut sudah menjadi hijau dan lebih segar.

Awal Mula Pembangunan Gua Maria Kaliori

Kapel Sakramen Mahakudus merupakan salah satu fasilitas di Gua Maria Kaliori, Banyumas, Jawa Tengah. (Instagram/Tarsisiusanson2022)<br>
Kapel Sakramen Mahakudus merupakan salah satu fasilitas di Gua Maria Kaliori, Banyumas, Jawa Tengah. (Instagram/Tarsisiusanson2022)

Gua Maria Kaliori dibangun atas inisiasi tokoh-tokoh awam Katolik yang mengikuti Retreat Awal Hidup di Ngadireso, Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Awalnya, mereka merasa tersentuh dengan pembaharuan hidup yang mereka rasakan. Mereka kemudian pengin berbuat sesuatu untuk gereja dan masyarakat.

Setelah melakukan ritual jalan salib saat ziarah ke Gua Maria Sendangsono dan Gua Maria Kerep di Ambarawa, mereka akhirnya tahu harus berbuat apa, yaitu membangun Gua Maria di Kabupaten Banyumas.

Peletakan batu pertama pembangunan Gua Maria Kaliori dilakukan Uskup Purwokerto Mgr. P. S. Hardijasoemarta MSC pada 15 Agustus 1989. Omong-omong, pada 10 Oktober 1989, patung Bunda Maria di Gua Maria Kaliori ini diberkati oleh pemimpin umat Katolik dunia dari Vatikan, Paus Yohanes Paulus II. Pemberkatan ini dilakukan setelah Paus Yohanes Paulus II menghadiri sebuah acara Misa Luhur yang diadakan di Yogyakarta kala itu, Millens.

Beberapa saat kemudian, tepatnya pada 8 Desember 1989, Gua Maria Kaliori diresmikan oleh Dirjen Bimas Katolik yang menjabat pada saat itu, P.S Hardjasoemarta, MSC.

Gua Maria Kaliori menjadi Rumah Doa Terbesar

Kegiatan Novena di Gua Maria Kaliori. (Twitter/Rina Yuniwati)
Kegiatan Novena di Gua Maria Kaliori. (Twitter/Rina Yuniwati)

Gua Maria Kaliori menjadi rumah doa terbesar di Indonesia. Setiap bulannya, tempat ibadah ini mengadakan kegiatan Novena Bunda Maria yang menjadi acara pertemuan umat Katolik untuk meningkatkan keimanannya.

Umat yang beribadah di sana bisa menikmati sejumlah fasilitas seperti Kapel Ratu Surga, Taman Rosatio Hidup, Jalan Salib, Rumah Retret Maria Immaculata, hingga Pendopo yang dikhususkan untuk para peziarah.

Nggak hanya itu, karena lokasinya yang berada di atas bukit kecil yang hijau, Gua Maria Kaliori menawarkan pemandangan alam yang indah dengan suasana yang sejuk dan tenang.

Menarik, bukan? Jadi, kapan nih kita datang dan menikmati kedamaian di Gua Maria Kaliori ini, Millens? (Nas, Sol, Kaw/IB32/E07)