Berziarah dan Berdoa dengan Khusyuk Bagi Umat Katolik di Gua Maria

Berziarah dan Berdoa dengan Khusyuk Bagi Umat Katolik di Gua Maria
Berdoa di Gua Maria bagi umat Katolik bisa mengabulkan permintaan. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Tempat ibadah dan peziarahan populer bagi umat Katolik salah satunya adalah Gua Maria. Di tempat ini sering digunakan untuk berdevosi atau berdoa kepada sosok tertentu yaitu Maria, ibunda Yesus.

Inibaru.id – Gua Sartika Semarang diberkati oleh tokoh Katolik Romo Paroki Katedral Semarang J. Sukardi, Pr sejak 30 Juni 2004. Keberadaan Gua Maria bagi umat Katolik menjadi tempat peziarahan, berkumpul, dan memperdalam iman.

Menurut pemeluk Katolik bernama Patricia Yuristavia menjelaskan, Gua Maria keberadaannya memang tersebar di banyak wilayah. Bagi umat Katolik merupakan tempat berdoa khusus, nggak terkecuali di Gua Maria Sartika ini, Millens.

“Semua orang Katolik pasti pernah (ke Gua Maria). Ada banyak Gua Maria yang tersebar dan itu untuk Katolik saja. Meski yang Kristen juga boleh berdoa di situ. Tapi memang orang Katolik sangat memuja Maria, lebih dari orang Kristen. Itu pilihan saja sebenarnya,” katanya.

Gerbang Gua Maria Sartika. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Perempuan yang kerap disapa Via tersebut menambahkan, di dalam Alkitab sebenarnya nggak ada aturan berdoa kepada Maria. Namun begitu, orang Katolik sangat menghormati Maria. Bahkan ada doa khusus bernama Novena Tiga Salam Maria. Doa ini nggak ada di Kristen dan konon ada sesudah seorang Santa ditampaki oleh Maria sendiri.

Bulan Mei dan Oktober dicanangkan sebagai Bulan Maria. Umat Katolik akan berkumpul dan berdoa Rosario. Jika ada pasangan Katolik yang menikah pasti berdoa juga di depan Patung Maria, sosok perempuan yang menjadi teladan dalam berumah tangga. Via mengaku datang ke Gua Maria untuk berdoa secara pribadi, biasanya jika ada permohonan yang mendesak.

“Aku pernah mendapat mukjizat kesembuhan setelah berdoa Novena Tiga Salam Maria selama tiga hari berturut-turut. Itu di luar akal dan logikaku, tapi kok ya manjur. Sampai sekarang aku masih tidak percaya,” jelasnya.

Tempat lilin untuk sarana berdoa umat Katolik di Gua Maria. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Gua Maria ramai dikunjungi saat Bulan Maria, jika berkunjung pada hari biasa memang agak sepi. Kecuali pada akhir minggu biasanya digunakan pula untuk beribadah. Eits, di Gua Maria terkadang diadakan kegiatan misa juga lo. Bagi kamu umat Katolik jangan sampai ketinggalan.

Selamat berkunjung di Gua Maria terdekat di daerahmu ya, Millens! (Isma Swastiningrum/E05)