Kenali Kretek Lebih Jauh di Museum Kretek Kudus

Museum Kretek Kudus merupakan satu-satunya museum rokok yang ada di Indonesia. Di museum itu, kamu bisa belajar tentang sejarah produksi rokok Indonesia yang mendunia.

Kenali Kretek Lebih Jauh di Museum Kretek Kudus
Museum Kretek Kudus. (Tribunnews.com)

Inibaru.id – Kurang afdal rasanya bila berkunjung ke Kudus nggak datang ke Museum Kretek. Yap, Kota Kretek ini memang punya museum khusus untuk mengedukasi pengunjung tentang sejarah panjang kretek di Indonesia. Mulai dari produksi rokok zaman dulu, perkembangan rokok di Indonesia, hingga barang-barang peninggalan tentang rokok lengkap ada di sini.

Museum yang diresmikan Gubernur Jawa Tengah Soepardjo Roestam pada 3 Oktober 1986 ini adalah satu-satunya museum rokok di Indonesia. Di atas lahan seluas 2,5 hektare itu,  Museum Kretek menyuguhkan jejak kekayaan Nusantara berupa produk rokok yang mendunia.

Pegiat wisata Jawa Tengah Sony Wimar mengungkapkan, Museum Kretek dibangun untuk mengenang "pahlawan kretek" di masa lalu, karena rokok kretek telah menjadi denyut nadi bagi masyarakat Kudus.

"Banyak masyarakat di Kudus yang mengolah tembakau dan bekerja di pabrik untuk membuat rokok kretek," ungkapnya seperti ditulis Sindonews.com, Senin (9/4/2018).

Diorama para pekerja rokok kretek. (Cakrawalatour.com)

Sejumlah 1.195 koleksi kisah tentang sejarah munculnya rokok kretek hingga proses produksi rokok kretek tersimpan di sana. Mulai dari gambar dokumentasi, alat giling cengkeh, alat giling tembakau, alat perajang tembakau, hingga miniatur jenis-jenis produk rokok kretek dari zaman dahulu ada di Museum Kretek.

Nggak hanya itu, museum yang dikelola Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus ini juga menawarkan sejumlah fasilitas taman bermain anak dan tempat hiburan keluarga seperti waterboom dan bioskop mini. Kamu bisa menonton film tentang sejarah kretek di Kudus di bioskop itu.

Selain kretek, museum ini juga dilengkapi dengan replika rumah adat Kudus. Rumah berjuluk Joglo Pencu itu dapat kamu temukan di halaman museum.

Fasilitas Waterboom Museum Kretek Kudus. (Cakrawalatour.com)

Lokasi Museum Kretek berada di Jalan Getas Pejaten Nomor 155, Kudus. Nggak jauh dari gerbang Kudus dari arah Semarang.

Museum ini terbuka untuk umum setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Untuk masuk ke museum tersebut, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp 3 ribu saja. Namun, bila kamu pengin masuk ke waterboom, kamu dikenai tiket lagi seharga Rp 10 ribu untuk anak-anak dan Rp 15 ribu untuk pengunjung dewasa.

Ada wisata sejarah, budaya, dan ada tempat bermain pula. Lengkap ya, Millens. Tiketnya pun murah. Gimana, mau berkunjung ke sini? (IB07/E04)