Berlama-lama Menikmati Alam di Kebun Raya Baturraden

Menikmati sejuknya udara khas pegunungan sambil berswafoto di kebun bunga dan hutan pinus. Hm, ini bisa jadi ide liburan kamu nih, Millens. Yuk intip lokasinya!

Berlama-lama Menikmati Alam di Kebun Raya Baturraden
Wisata foto bisa jadi alternatif saat liburan di Kebun Raya Baturraden (piknikasyik.com)

Inibaru.id - Kalau kamu sedang berkunjung ke Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, cobalah mampir ke tempat wisata satu ini. Yap, apa lagi kalau bukan Kebun Raya Baturraden? Berada di ketinggian kurang lebih 700 mdpl, lokawisata itu memang selalu punya magnet bagi pengunjung dari Banyumas dan sekitarnya, terutama yang suka dengan wisata alam pegunungan.

Dari Purwokerto, pusat kota Banyumas, Kebun Raya Baturraden hanya berjarak sekitar 30 kilometer. Ini tentu nggak terlampau jauh untuk ditempuh dengan kendaraan pribadi. Namun, kamu harus berkonsentrasi penuh dalam memacu kendaraanmu lantaran medan yang berkelok dan menanjak.

Kebun Raya Baturraden. (Instagram.com/lovepurwokerto)

Semua itu akan terbayar tuntas begitu kamu tiba di Kebun Raya Baturraden. Brr! Hawa yang sejuk cenderung dingin dan pegunungan hijau yang terhampar luas akan menyambutmu. Berlama-lamalah di tempat tersebut dan hiruplah oksigen sebanyak-banyaknya! Eits, tapi jangan lupa pakai baju tebal ya!

Di Kebun Raya Baturraden kamu bisa berkeliling ke taman bunga dan hutan pinus seluas 142 hektar. Banyak spot terbaik yang dijamin bakal memenuhi galeri di gawaimu. Kamu juga bisa masuk ke dalam rumah pohon yang ada di sana. Hm, serasa Tarzan yang kembali ke alam bebas.

Taman bunga di Kebun Raya Baturraden. (Trendpurwokerto.com)

Sehari di sana rasanya nggak akan cukup sih. Jadi, kalau kamu punya waktu liburan yang lumayan panjang, menginaplah! Kebun Raya Baturraden juga menyediakan sejumah penginapan yang bisa kamu sewa dengan harga dan fasilitas yang cukup beragam.

Pertama di Jateng

Mengutip Kebunrayadaerah.krbogor.lipi.go.id (4/5/2016), Kebun Raya Baturraden merupakan kebun raya pertama yang ada di Jawa Tengah. Kebun raya tersebut diresmikan pada 2004. Ide pembuatan kebun raya tersebut datang dari Presiden Megawati Soekarnoputri. Kala itu, presiden ke-5 RI itu berpikir, Jateng belum punya kebun raya seperti di daerah lain.

Taman di Kebun Raya Baturraden. (Jalanwisata.id)

Biaya masuk ke Kebun Raya Baturraden terbilang murah. Cukup dengan membayar tiket masuk seharga Rp 10 ribu, kamu sudah bisa berkeliling ke tempat ini sepuas-puasnya. Hm, menyenangkan, bukan?

Kebun Raya Baturraden berlokasi di Jalan Pancurantujuh, Wanawisata Baturraden, Kabupaten Banyumas. Berwisata sambil belajar tentang kekayaan flora, kenapa nggak? (IB10/E03)