Negeri Tembakau, Kota di Lereng Gunung yang Dipenuhi Lokawisata Memukau

<em>Negeri Tembakau</em>, Kota di Lereng Gunung yang Dipenuhi Lokawisata Memukau
Sindhumoyo, Ngadirejo Temanggung. (instagram.com/abidin_deade)

Berada di lereng dua gunung membuat Kota Temanggung mempunyai banyak tempat wisata pegunungan yang memukau. Percaya deh, sehari dua hari nggak akan cukup menjelajahi pesona alam di kota berjuluk "Negeri Tembakau" itu.

Inibaru.id - Kalau sedang ada waktu liburan beberapa hari dan pengin pergi piknik ke Jawa Tengah, coba datanglah ke Temanggung. Kendati "hanya" merupakan kabupaten kecil, kota yang dijuluki “Negeri Tembakau” ini juga mempunyai magnet wisata alam yang bagus.

Ada banyak tujuan wisata, tapi susah juga kalau kita datangi semua ya, Millens? Berikut adalah empat dari puluhan destinasi cantik kepunyaan kota yang juga dikenal sebagai penghasil kopi dan vanili itu.

Gunung Sumbing dan Sindoro

Temanggung berada di lereng Gunung Sumbing dan Sindoro. Jadi, tentu saja salah satu jalur menuju kedua gunung tersebut ada di Temanggung. Nah, para pemburu puncak, silakan mendaki! Dijamin, bentangan alam di sana bakal memanjakan mata banget.

Eits, kalau kamu sedang nggak pengin mendaki, nggak masalaah, kok. Kamu juga bisa menyaksikan "gunung kembar" itu dari kejauhan. Masih ingat gambar anak TK yang legendaris, yakni dua gunung yang di bawahnya ada jalan berkelok dan diapit sawah luas? Nah, kira-kira gambaran kalau Sindoro-Sumbing dilihat dari kejauhan.

Canggal, Candiroto

Gunung Kendil yang berada di Dusun Sibajak, Desa Canggal, Candiroto. (instagram.com/temanggungku)

Canggal adalah desa tertinggi yang ada di Kecamatan Candiroto. Desa ini menghubungkan dua lokawisata, yaitu Jumprit dan Dieng. Berkunjung ke desa ini, kamu bakal merasakan dingin dan bersihnya udara di sana.

Umbul Jumprit

Umbul Jumprit. (instagram.com/wisata_jumprit)

Umbul Jumprit terletak di Desa Tegalrejo, Candiroto. Di sana ada mata air suci . Pada perayaan Waisak, banyak biksu yang datang untuk mengambil air suci di sana.

Berjalan sedikit ke barat dari umbul, kamu bakal menemukan hutan pinus Jumprit dengan pemandangan yang indah. Banyak orang berkemah atau sekadar mengabadikan gambar di sana.

Curug Lawe

Curug Lawe. (instagram.com/ho_ho_115)

Curug Lawe ada di Desa Muncar, Kecamatan Gemawang. “Lawe” adalah bahasa Jawa yang artinya tali serat putih. Air yang terjun dari tebing-tebing yang curam di sana memang cantik menyerupai benang-benang putih.

Ah, Temanggung memberikan banyak pilihan tempat wisata kepada kita. Semua unik, cantik dan menarik. Jadi, silakan dipilih, dipilih! (IB20/E03)