Berwisata ke Goa Lawa Purbalingga yang (Akan) Kian Cantik

Selain wisata pantai dan pegunungan yang indah nan eksotis, ada juga destinasi wisata alam yang nggak kalah menarik untuk kamu kunjungi, salah satunya Goa Lawa di Purbalingga yang baru saja berbenah. Seperti apa?

Berwisata ke Goa Lawa Purbalingga yang (Akan) Kian Cantik
Goa Lawa Purbalingga (humaniora.tagar.id)

Inibaru.id - Sebentar lagi libur lebaran, nih. Sobat Millens ada yang bingung mau ke mana? Jika kamu berada di Purbalingga, Jawa Tengah, nggak ada salahnya berkunjung ke Goa Lawa. Memiliki arti gua kelelawar, Goa Lawa berada di Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja, Purbalingga. Ada apa di sana?

Melansir jumanto.com, Goa Lawa terbentuk dari endapan batu gamping dan aliran lava yang membeku di bawah permukaan tanah. Uniknya, gua ini nggak mengandung kapur, sehingga kamu nggak akan menemukan adanya stalagtit dan stalagmit di dalamnya.

Goa Lawa Purbalingga ditutup sementara. (purbalingganews.net)

Dengan panjang sekitar 1,5 kilometer dan luas sekitar 5 kilometer, ada banyak hal menarik yang bisa kamu lihat dari gua yang memiliki pintu masuk dan pintu keluar yang berbeda itu. Jika beruntung, kamu dapat melihat gerombolan kelelawar yang bergelantungan.

Lalu, ada pula sendang yang terbentuk karen tetesan air dari sela-sela dinding gua. Konon, ada salah satu sendang yang bisa bikin awet muda lo, Millens. Dinding-dinding Goa Lawa juga unik, salah satunya Goa Semar yang memiliki bebatuan mirip Semar. Terus, ada juga Goa Waringin Seto yang memiliki dinding dinding bebatuan berbentuk mirip pohon beringin warna putih.

Goa Lawa Purbalingga. (Twitter.com)

Wajah Baru

Belum lama ini, Goa Lawa dikabarkan mulai berbenah. Lokawisata di lereng Gunung Slamet itu dipercantik, lengkap dengan pelbagai fasilitas dan wahana baru yang kian membuat nyaman pengunjung. Dikutip dari Antaranews.com (25/5/2018), pembenahan dilakukan sejak April hingga pertengahan Juni ini, dan rencana akan dibuka pada 14 Juni mendatang.

Bagian dalam gua dibuat makin menarik dengan cahaya warna-warni. Kemudian, pengelola juga berencana membuat kedai kopi dan ruang rapat di dalam gua. Terus, untuk kamu pencinta swafoto, hamparan rumput di sana juga bakal menjadi spot berfoto yang ciamik banget.

Kamu bisa mengunjungi Goa Lawa mulai libur Lebaran 2018. Untuk menuju ke sana, kamu perlu menempuh jarak 25 kilometer ke arah utara pusat kota Purbalingga. Sebagai penanda, di pertigaan Koramil Karangreja ada sebuah tugu pintu masuk menuju Goa Lawa. Dari tugu tersebut kamu tinggal mengikuti jalan sesuai petunjuk arah.

Goa Lawa yang warna-warni. (jalanwisata.id)

Buka setiap Senin-Minggu mulai pukul 08.00- 17.00 WIB, kamu akan dikenai tarif sebesar Rp 6.000 pada hari biasa dan Rp 7.500 pada hari libur. Namun, pada Natal dan Tahun Baru, kamu harus merogoh kocek sebesar Rp 12.500 per orang.

Oya, jika ingin ke Goa Lawa pastikan kamu dalam kondisi fit ya. Selain gua yang luas dan panjang, medan yang kudu kamu tempuh juga penuh tanjakan dan turunan.

So, selamat berlibur, Millens! (IB05/E03)