Desa Wisata Jarum Klaten dan Potensi Ekonomi Kreatif yang Dimilikinya

Desa Wisata Jarum Klaten dan Potensi Ekonomi Kreatif yang Dimilikinya
Seorang warga tengah membuat cobek. (Nasirullahsitam)

Kecamatan Bayat menjadi sentra pembuatan batik. Selain itu, ada banyak barang lain yang menjadi khas daerah tersebut.

Inibaru.id – Desa Wisata Jarum, pernahkah kamu mengetahuinya? Yap, dikenal sebagai penghasil batik tulis Bayat, salah satu desa di Kecamatan Bayat itu belakangan dikembangkan sebagai desa wisata.

Buat kamu yang pengin mendapatkan batik dengan motif-motif yang begitu khas Klaten, nggak ada salahnya berkunjung ke desa ini.

Tak hanya Jarum, desa-desa tetangga dalam satu Kecamatan Bayat juga terbilang cukup produktif berkreasi, termasuk memproduksi batik Bayat. Desa-desa tersebut antara lain Desa Banyuripan, Kebon, dan Beluk.

Pengrajin batik di Desa Jarum. (Jejakbocahilang.wordpress)

Kendati sama-sama memproduksi batik, Desa Jarum terlihat paling unggul di antara desa-desa lainnya. Tak hanya batik, desa tersebut juga merupakan sentra pembuatan pelbagai perkakas rumah tangga dan pelbagai kerajinan lain.

Beberapa hasil produksi Desa Jarum di antaranya gerobak angkringan, tas batik kulit, dan cobek batu. Jadi, selain menjadi surga berbelanja, kamu juga bisa sekaligus menyaksikan pembuatan berbagai perkakas tersebut di desa ini, Millens

(Baca Juga: Mengenal Batik Bayat, Batik Bercorak Kasunanan dari Klaten)

Oya, kalau penurutmu nggak bakal cukup menhabiskan waktu satu hari di desa ini, kamu bisa kok menginap di Desa Jarum. Di sana, masyarakat setempat memang telah menyediakan fasilitas homestay. Hm, praktis ya!

Jadi, kapan kamu berkunjung ke Desa Jarum? (IB15/E03)