Bertemu Terumbu dan Ikan-Ikan Kecil di Sekitar Menjangan Kecil

Snorkeling bisa menjadi pilihan menyenangkan untuk menghabiskan masa liburanmu kali ini. Nah, kalau kamu mudik ke Jawa Tengah, Pulau Menjangan Kecil adalah spot menarik untuk kamu kunjungi kalau pengin snorkeling!

Bertemu Terumbu dan Ikan-Ikan Kecil di Sekitar Menjangan Kecil
Spot berfoto di Pulau Menjangan Kecil. (bersukariatour.com)

Inibaru.id - Mudik ke Jawa Tengah nggak lengkap rasanya kalau belum berlibur ke Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, terlebih buat kamu para pencinta selam dangkal alias snorkeling. Pulau Menjangan Kecil adalah salah satu spot paling ciamik di kepulauan tesebut. Datang dan silakan buktikan sendiri!

Nggak perlu menyelam terlalu dalam untuk menyapa terumbu karang atau ikan-ikan di sekitar Menjangan Kecil. Ini tentu mengasyikkan, karena kamu nggak membutuhkan peralatan menyelam (diving). Cukup dengan ber-snorkeling sekitar 20 meter saja kamu sudah bisa menikmati sajian biota laut dangkal di sekitar pulau yang dikelola PT Awani Dream tersebut.

Pantai di Pulau Menjangan Kecil yang dipenuhi hamparan terumbu karang. (pinterest.de)

Ikan-ikan kecil berwarna biru menggemaskan akan segera muncul dari balik terumbu nggak jauh dari tempatmu menyelam. Namun, ingat, jangan memegang apalagi menginjak terumbu di sana ya, karena sebagian besar di antaranya masih hidup. Butuh waktu lama bagi terumbu tersebut untuk "tumbuh". Sayang kan kalau patah atau rusak karena ulah kita?

Untuk menyelam di Menjangan Kecil, kamu bakal ditemani pemandu. Pertama, tentu biar penyelamanmu lancar. Terus, pemandu itu akan mengajarimu gimana snorkeling yang benar. Dia juga akan mengingatkanmu kalau kamu berbuat buruk pada terumbu atau biota laut lain di sana.

Menyapa ikan-ikan kecil di sekitar Pulau Menjangan Kecil. (agentravelkarimunjawa.com)

Oya, sekadar informasi, pilihlah waktu pada pagi hari untuk menyelam di Menjangan Kecil. Kenapa? Ini karena jarak pandang kita bisa mencapai kedalaman 15 meter di kedalaman air pada pagi hari. Semakin siang, jarak pandang kamu bakal semakin pendek.

Menuju pulau seluas 46 hektare itu juga nggak sulit kok, Millens. Kamu bisa menyeberang ke Karimunjawa dari Kendal, Semarang, atau Jepara. Namun, jarak terpendek tentu saja dari Jepara, tepatnya melalui Pelabuhan Kartini.

Senja di Pulau Menjangan Kecil juga menawarkan keindahan tersendiri. (Pinterest.com)

Dari Pelabuhan Kartini, kamu bisa melakukan penyeberangan dengan menggunakan Kapal Cepat Express Bahari atau kapal feri. Eits, tapi biar nggak salah waktu, ada baiknya kamu cek dahulu jadwal berangkat dan pulang kapal-kapal itu.

Nah, gimana, Millens? Snorkeling pas liburan kali ini bakal terlihat menyenangkan, bukan? Yuk, gas! (IB20/E03)