Ngobrol dan Akrab dengan Sesama Pemudik Memang Perlu, tapi…

Ngobrol dan Akrab dengan Sesama Pemudik Memang Perlu, tapi…
Kendati tampak menyenangkan, kamu harus tetap waspada dengan orang yang baru kamu kenal. (completewellbeing)

Di tengah perjalanan mudik, nggak jarang orang akan menjalin percakapan dengan orang asing. Kendati tampak ramah dan menyenangkan, jangan cepat-cepat membuka diri padanya. Supaya aman, terapkan dulu tips-tips berikut ini!

Inibaru.id – Saat mudik menggunakan transportasi umum, kamu tentu akan bertemu orang-orang dengan berbagai karakter. Ada yang diam sepanjang perjalanan, ada pula yang akan dengan ramah menyapa.

Orang-orang dengan karakter ramah memang menyenangkan untuk diajak ngobrol sepanjang perjalanan. Kendati demikian, kamu harus tetap waspada. Supaya aman dan nyaman, beberapa hal ini perlu kamu lakukan sebagai bentuk kewaspadaan.

Hindari Menitipkan Barang

Meski sudah ngobrol cukup lama, jangan pernah menitipkan tas berisi benda-benda berharga pada teman barumu ya. Kamu nggak pernah tahu jika di balik sikapnya yang hangat, dia memiliki niat tersembunyi untuk mencelakaimu.

Bersikaplah sebaliknya, tolaklah secara halus jika dia menitipkan barangnya yang tampak mencurigakan padamu. Bisa jadi, barang itu berisi narkoba yang bisa bikin kamu terkena masalah.

Hindari Meminjamkan Uang Padanya

Hal lain yang perlu kamu lakukan saat mendapat teman baru adalah meminjamkan uang padanya. Orang yang memahami etika tentu sadar betapa nggak sopannya pinjam uang pada orang yang baru dia kenal. Kamu perlu mencari alasan yang logis pula jika dia mendesakmu.

Jangan Ceritakan Segalanya

Sebagian orang Indonesia memang memiliki kebiasaan bercerita tentang hal-hal pribadi saat bertemu orang baru. Mau nggak mau, kamu kadang harus melayani mereka. Jika nggak nyaman bercerita tentang dirimu, inilah saatnya kamu mengarang indah.

Jika merasa nggak nyaman dikulik-kulik, kamu bisa berpura-pura memasang headset supaya pembicaraan nggak melebar ke mana-mana.

Jangan Langsung Menyerap Cerita dan Nasihatnya

Selain bicara tentang masalah pribadi, orang yang terlalu ramah nggak berpikir dua kali untuk menasihati orang lain. Jika ini terjadi padamu, kamu bisa berpura-pura mendengarkan ucapannya sebagai bentuk penghargaan. Namun, jangan telan mentah-mentah semua omongannya ya.

Mudik memang menjadi momen yang mendebarkan. Jika waspada, kamu bisa menghindari segala kerugian. Sebaliknya, ramah tanpa waspada tentu bakal bikin kamu menghadapi masalah.

Jangan ragu membawa senjata seperti sengatan listrik atau semprotan lada selama perjalanan. Dan ingat, jangan menaruh benda-benda seperti dompet, kamera, dan gawai di luar pengawasanmu. Stay safe and be happy, guys. Selamat berjumpa dengan keluarga! (IB15/E03)