Yuk ke Rumah Hobbit di Antara Rimbunan Pinus di Bantul

Mau tilik rumah Hobbit? Bisa! Swafoto dengan gaya keren kamu? Silakan sepusa kamu. Nah, ke Hutan Pinus Seribu Batu Songgo Langit di Bantul saja, Sobat Millens.

Yuk ke Rumah Hobbit di Antara Rimbunan Pinus di Bantul
Rumah Hobbit jadi salah satu daya tarik wisatawan di Hutan Pinus Seribu Batu Songgo Langit, Bantul. (Wisatabaru.com)

Inibaru.id – Sobat Millens yang udah nonton film Hobbit dan Lord of the Ring pasti tahu movie set-nya yang jadi salah satu wisata favorit di Selandia Baru selama beberapa tahun terakhir. Nah, di Bantul, DIY, ada rumah Bilbo Baggins dan kawanan hobbit yang mungil itu ternyata juga ada di Bantul, Yogyakarta.

Rumah Bilbo itu ada di objek wisata Hutan Pinus Seribu Batu Songgo Langit di Dusun Sukarame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Nah, ditulis Beritagar.id, Minggu (3/12/2017), lokasinya jadi destinasi wisata dengan panorama alam hutan pinus yang dibuka untuk umum sejak 2016. Pengelolanya masyarakat Dusun Sukarame melalui Koperasi Notowono yang bekerja sama dengan Dinas Kehutanan.

"Awal berdiri, tempat ini baru berupa gazebo-gazebo dan sebuah jembatan kayu. Belum banyak pengunjung seperti sekarang," ujar Ipung Purwoharsono, kepala Koperasi Notowono.

Baca juga:
Mendayung Kayak dan Menerobos Kabut Telaga Merdada
Destinasi Wisata di Jepang Ini Ramah Muslim

Lokasi wisata itu menurut Ipung, ramai sejak Maret 2017 dengan pelbagai spot foto seperti Rumah Hobbit, Rumah Kukusan, dan Rumah Seribu Kayu Negeri Dongeng. Kenapa? Pepohonan pinus lebat itu bikin pengunjung serasa di negeri dongeng.

Spot Swafoto

Bagi generasi millenials, destinasi wisata nggak lengkap tanpa spot untuk berswafoto. Nah, Hutan Pinus Seribu Batu Songgo Langit punya fasilitas yang memuaskan para penyuka swafoto. Nggak cuma itu, ketika rehat, pengunjung juga bisa menyimak kicau burung dan gesekan dedaunan pohon pinus.

Oya, pihak pengelola dikabarkan bakal terus mengembangkan kawasan tersebut jadi lebih menarik, termasuk mempersiapkan lokasi edukasi wisata bagi anak-anak.

"Konsep baru tersebut digunakan untuk mengedukasi makna kehidupan sejak kecil," ujar Ipung.

Baca juga:
Mencari Jejak “Laskar Pelangi” di Belitung
Di Atas Pasir Putih Pantai Liang Mbala

Lantas, untuk pencinta olahraga pemicu adrenalin, destinasi wisata tersebut juga menyediakan arena flying fox yang berlokasi tepat di jalur menuju pintu masuk. Kamu bisa turun ke lokasi wisata dengan menaiki flying fox dengan membayar Rp 15 ribu saja, Sobat Millens.

Sementara, untuk memasuki tempat wisata, kamu cukup membayar Rp 4 ribu. Itu sudah untuk tiket masuk dan biaya parkir. Kalau mobil, biaya masuk dan parkirnya Rp 10 ribu.

Satu hal lagi, untuk kamu yang ingin mengunjungi Hutan Pinus Seribu Batu Songgo Langit, jangan lupa mengenakan jaket atau baju hangat lantaran suhu udara di lokasi wisata ini lumayan dingin. (OS/SA)