Berlibur ke Batang? Ini Pantai yang Patut Kamu Kunjungi

Mudik melintasi pantura Jawa Tengah yang padat merayap? Sempatkan menepi ke sejumlah pantai di Kabupaten Batang. Penat hilang, hati pun senang!

Berlibur ke Batang? Ini Pantai yang Patut Kamu Kunjungi
Pantai Jodo. (jalanwisata.id)

Inibaru.id – Kabupaten Batang, mungkin kamu nggak banyak mengetahui kota tersebut? Berada di pesisir utara Jawa Tengah, kota keci ini dulu cuma dikenal pada pemberitaan mudik. Itu pun lantaran kemacetan atau kalau terjadi kecelakaan. Namun, siapa menyangka Batang punya sejumlah pantai yang cukup menarik untuk disinggahi?

Kendati terbilang minimalis, pantai-pantai di Batang memang banyak disambangi wisatawan, khususnya mereka yang mencari ketenangan maksimal. Struktur tanah yang landai dan berair tenang membuat siapapun pasti merasa aman bermain di pantainya.

Nah, buat kamu yang melakukan perjalanan mudik di pantura Jateng yang macet, singgahlah sejenak ke Batang. Kompas.com (10/5/2018) menulis, beberapa pantai di Kota Emping itu mungkin bisa kamu pilih. Mana saja?

Pantai Jodo

Pantai Jodo. (Tipswisata.com)

Pantai yang berada di Dukuh Buntu, Desa Sidorejo, Kabupaten Batang, ini berjarak 10 kilometer dari SPBU Kecamatan Gringsing, kecamatan paling timur dari Batang yang berbatasan dengan Kabupaten Kendal. Pantai ini masih alami, lo, sehingga banyak digunakan wisatawan untuk berkemah. Tempatnya teduh dan asri.

Pantai Sigandu

 

Pantai Sigandu. (Tribunnews.com)

Pantai Sigandu sempat menjadi landmark Kabupaten Batang, sebelum didera abrasi. Namun begitu, pesonanya belum hilang, kok. Dari jalur utama pantura, jaraknya hanya sekitar 10 menit. Di antara pantai lain, fasilitas di sini cukup lengkap. Kamu juga bisa mampir ke Batang Dolphin Centre yang bersebelahan dengan pantai yang masuk kecamatan kota ini.

Pantai Ujung Negoro

Pantai Ujungnegoro. (jejakalam.net)

Di antara pantai lainnya, Ujungnegoro adalah pantai dengan spot paling lengkap untuk berwisata. Kamu bisa memancing ikan di area batu karang di tebing sisi kanan pantai. Panoramanya juga menawan. Terus, Kamu juga bisa mendaki bukit untuk melihat pemandangan pantai dari ketinggian.

Puas bermain di pantai, kamu bisa berkunjung ke sentra pembuatan terasi di dekat pantai, lalu membelinya sebagai oleh-oleh. Asyik, kan? Pantai ini berada di di Desa Ujungnegoro, Kecamatan Kandeman.

Pantai Cemoro Sewu

Pantai Cemoro Sewu. (Instagram.com/aslibatang)

Pantai ini memiliki banyak pohon cemara yang ditanam untuk mencegah abrasi. Kini, pohon-pohon tersebut semakin meningkatkan keasrian dan kesejukan area pantai ini. Kamu bisa berkemah atau melakukan outbound di bibir pantai. Jangan lupa berkunjung ke Karang Maheso, batuan karang terjal yang terkenal sebagai tempat memancing para wisatawan.

Pantai Cemoro Sewu berlokasi di Sibango, Keluarahan Depok, Kecamatan Kandeman. Antara Sigandu, Pantai Cemoro, dengan Ujungnegoro, letaknya berurutan. Ketiganya berada di jalur alternatif Batang-Ujungnegoro.

Pantai Kuripan

 

Pantai Kuripan. (Simplephotoart.blogspot.com)

Kamu bisa mendengarkan deburan ombak yang tenang di pantai ini. Mau berenang atau memancing ikan? Bisa juga! Pantai yang berada di Desa Kuripan, Kecamatan Subah ini juga mempunyai pemandangan unik, lo. Ini dikarenakan letaknya yang dekat dengan jalur kereta api.

Nah, sekarang kamu bisa memilih pantai mana yang akan kamu kunjungi terlebih dahulu. Yang jelas, semua pantai tersebut menyajikan panorama yang indah. (IB08/E03)