Berlibur ke Kaligua, Kebun Teh Legendaris di Brebes

Terkenal sebagai penghasil telur asin, Kabupaten Brebes juga memiliki lokawisata yang kece yaitu agrowisata Kaligua. Selain menyusuri hamparan hijau perkebunan teh yang luas, agrowisata tersebut juga menawarkan banyak kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di sana. Apa saja itu?

Berlibur ke Kaligua, Kebun Teh Legendaris di Brebes
Kebun Teh Kaligua (piknikasik.com)

Inibaru.id - Bagi Sobat Millens yang hobi minum teh, tentunya berkunjung ke kebun teh akan menjadi liburan yang menyenangkan. Sambil menyusuri kebun teh, kamu juga bisa sekalian belajar proses menanam pohon teh, memetik, serta mengolahnya. Terdengar menyenangkan bukan?

Nah, salah satu perkebunan teh yang bisa kamu kunjungi adalah Kebun Teh Kaligua. Berada di kawasan Agrowisata Kaligua, perkebunan teh peninggalan zaman Belanda tersebut merupakan milik PTP Nusantara IX. Lokasinya berada di Dusun Kaligua, Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Wisata Agro Kaligua. (rosyid-unsoed.blogspot.com)

Mengutip tribunnews.com (23/8/2015), agrowisata Kaligua ini ada di ketinggian 1500-2050 mdpl dengan luas sekitar 605,8 hektare. Wajar jika agrowisata yang berada di kaki Gunung Slamet ini berhawa sejuk pegunungan yang segar dan bebas polusi. Cocok sekali menjadi tempat untuk beristirahat melepas penat di akhir pekan.

Selain menikmati hamparan perkebunan teh yang luas dengan pemandangan eksotis, kamu juga dapat melihat proses pengolahan di pabrik teh Kaligua. Mulai dari perlakuan terhadap daun teh pascapanen, pemasakan, hingga pengemasan siap kirim, bisa kamu lihat di sana. Seru, bukan?

Kabut yang turun di wisata agro Kaligua, Brebes. (Youtube.com)

Nggak melulu berkaitan dengan teh, agrowisata ini juga punya Goa Jepang yang juga menarik untuk kamu kunjungi. Untuk menyusuri goa buatan sepanjang sekitar 850 meter itu kamu bakal ditemani seorang pemandu yang akan menjelaskan tentang sejarah Goa Jepang.

Spot menarik lain untuk dikunjungi adalah Tuk Bening, mata air yang airnya bisa langsung diminum. Wah!

Goa Jepang di Wisata Agro Kaligua Brebes. (bocahporka.blogspot.com)

Wahana Olahraga

Agrowisata Kaligua juga telah dilengkapi dengan sejumlah wahana menarik, misal tempat mancakrida (outbound), seperti luncur gantung (flying fox), jaring laba-laba, hingga kolam renang dan tempat pemandian air panas. Tempat tersebut juga dilengkapi tempat olahraga seperti tennis, sepak bola, bola voli, hingga biliar.

Malas berjalan menyusuri kebun teh? Kamu bisa menyewa kuda atau bersepeda. Sementara, kalau mau menginap, kamu bisa menyewa homestay atau berkemah di camping ground yang bisa menampung hingga 100 tenda.

Berpose di Agrowisata Kaligua. (travelingyuk.com)

Untuk memasuki kawasan Agrowisata Kaligua, kamu cukup membayar Rp 12 ribu per orang. Itu sudah termasuk parkir, meski belum termasuk biaya wahana di sana.

Tertarik berkunjung?Dari Brebes, kamu cukup mencari Jalan Raya Paguyangan hingga menemukan pertigaan menuju Desa Pandansari. Dari sana, kamu tinggal menempuh perjalanan sejauh 18 kilometer melintasi tanjakan yang cukup "menantang". Jadi, pastikan kendaraanmu benar-benar fit!

Berpose di Wisata Agro Kaligua. (kitamuda.id)

Kalau kamu sedang mudik di sekitar Brebes, silakan datang ke Agrowisata Kaligua dan rasakan sensasinya! (IB05/E03)