Berlibur di Magelang? Tiga Air Terjun Ini Bisa Jadi Referensimu!

Berlibur di Magelang? Tiga Air Terjun Ini Bisa Jadi Referensimu!
Air Terjun Kedung Kayang (instagram.com/ozils_88)

Jalan-jalan ke Magelang nggak harus selalu ke Candi Borobudur, lo. Beberapa air terjun di kabupaten ini juga menarik untuk kamu kunjungi.

Inibaru.id – Selama ini kita mungkin hanya mengenal Candi Borobudur saja ketika ingin berwisata ke Kota Magelang, Jawa Tengah. Yap, candi megah itu memang ada di sana. Namun, siapa menyangka kalau Magelang juga mempunyai sejumlah wisata alam yang memukau mata, khususnya lokawisata air terjun aka grojogan.

Setidaknya ada tiga air terjun yang menarik untuk kamu kunjungi di Magelang, Millens. Ini bisa jadi referensi kalau pengin berencana berlibur ke kota yang berbatasan langsung dengan Yogyakarta ini. Di mana saja tempatnya? 

  1. Air Terjun Sekar Langit

Salah satu spot indah untuk berfoto di Air Terjun Sekar Langit (rancahpost.co.id)

Pernah mendengar legenda Jaka Tarub, Millens? Konon, di air terjun Sekar Langit inilah legenda itu berlangsung. Berada di area hutan Desa Tlogorejo, Kecamatan Grabag, keindahan air terjun ini bisa kamu nikmati hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 7.000.

Sebelum berangkat, pastikan kamu membawa bekal makanan dan minuman karena nggak banyak kantin yang tersedia di sana. Lokasi air terjun setinggi 25 meter ini memang agak tersembunyi karena diapit lereng Gunung Andong dan Gunung Telemoyo. Tetapi, jarak air terjun ini dari tempat parkir kendaraan nggak terlalu jauh kok, jadi kamu nggak perlu khawatir bakal capai berjalan kaki.

  1. Curug Silawe

Segar dan sejuk, kan? (kukuhsetiyawan.files.wordpress.com)

Di Gunung Sumbing, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, terdapat air terjun yang kejernihannya memesona matamu, yakni Curug Silawe. Untuk bisa sampai ke air terjun setinggi sekitar 60 meter ini cukup mudah karena warga sekitar telah membangun jalan berbentuk tangga.

Sepanjang perjalanan menuju Curug Silawe, kamu juga akan dimanjakan oleh keasrian pepohonan dan kesejukan udara pegunungan. Segarnya!

  1. Air Terjun Kedung Kayang

Air terjun Kedung Kayang (iwanwidi.blogspot.com)

Jika kamu mengunjungi Desa Wonolelo di Kecamatan Sawangan, mampirlah ke Jalan Ketep Pass untuk menikmati keindahan Air Terjun Kedung Kayang. Air terjun setinggi 40-an meter ini menawarkan spot menarik untuk berfoto yang bisa kamu unggah untuk akun Instagrammu.

Untuk masuk ke air terjun ini, kamu harus membayar sebesar Rp 10 ribu. Ini tentu cukup murah karena kamu bakal menikmati keseruan menikmati percikan air yang akan membuat tubuhmu basah.

Gimana, Millens, siap ke sana? Jangan lupa bawa pakaian ganti biar nggak kedinginan. (IB15/E03)