Berlibur di Hutan Mangrove Pemalang Bikin Hati Tenang

Berlibur di Hutan Mangrove Pemalang Bikin Hati Tenang
Keindahan Hutan Mangrove Mojo. (Travelingyuk)

Wisata Hutan Mangrove Mojo di Ulujami Pemalang, Jawa Tengah, memiliki luas kawasan sekitar 2.350 hektare, terdiri atas hutan mangrove seluas 410 hektare dan mangrove di pertambakan 1.940 hektare.

Inibaru.id – Pemalang tidak hanya memiliki Kali Comal sebagai salah satu tujuan wisata. Tepat di ujung sungai yang memiliki festival tahunan ini, ada satu destinasi wisata yang cukup menarik, yakni wisata mangrove.

Akrab disebut Hutan Mangrove Desa Mojo, kawasan pelindung bibir pantai itu berlokasi di Desa Mojo, sesuai dengan namanya, yang masuk dalam wilayah Kecamatan Ulujami.

Kamu bisa dengan mudah menemukan lokasinya melalui fitur navigasi daring dari ponsel pintarmu. Cara paling mudah untuk datang ke sana adalah menaiki kendaraan pribadi. Itu karena jika menggunakan transportasi umum, hanya ada bus yang bisa mengantarmu hingga Kecamatan Ululjami. Setelah itu, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan menaiki ojek.

Keindahan Hutan Mangrove Mojo. (Instagram)

Dari Desa Mojo, kamu harus menaiki perahu untuk sampai ke lokasi hutan mangrove. Selama 30 menit, kamu akan menysuri Kali Comal dengan menyaksikan pemandangan indah dan tambak-tambak bandeng atau udang.

Tenang saja, Millens, akses menuju ke sana cukup baik, kok. Lagipula, perjalananmu akan terbayar oleh keindahan hutan mangrovenya.

Hamparan warna hijau siap menyegarkan pandanganmu. Angin sepoi-sepoi, suara burung, dan deburan ombak yang cukup tenang akan mengajakmu untuk rileks sejenak.

Yap, itulah Hutan Mangrove Desa Mojo. Varietas Mangrove yang bisa kamu temui di sana antara lain bakau, api-api, dan pedada. Pelbagai tanaman mangrove tersebut tumbuh dengan baik di lahan dengan pola empang parit ini.

Keindahan Hutan Mangrove Mojo. (ihategreenjello.com)

Eit, nggak hanya itu, Millens, ada pula beberapa jenis hewan yang hidup di sana. Kamu bisa melihat ikan-ikan kecil berenang di antara mangrove dan burung-burung beterbangan. Spesies burung yang bisa dengan mudah kamu temui adalah belibis, bangau, kuntul blekok, dan trintil.

(Baca Juga: Pandangi Keelokan Mangrove Pandansari dari Lengkung Jembatan Berwarna Merah Muda)

Kawasan mangrove ini cukup ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada akhir pekan. Kamu juga nggak perlu khawatir saat berada di sana, karena beberapa fasilitas seperti toilet, musala, dan tempat istirahat sudah tersedia.Warga sekitar yang tinggal di sana juga sangat ramah dan siap membantu pengunjung.  

Gimana Millens? Jika kamu tertarik mengunjungi tempat ini, jangan lupa bawa perlengkapan yang cukup, ya! (IB06/E03)