Mencari Jejak “Laskar Pelangi” di Belitung

Film “Laskar Pelangi” menjadikan Belitung terkenal. Tempat wisata bertema “Laskar Pelangi” juga menjadi spot paling menarik untuk dikunjungi.

Mencari Jejak “Laskar Pelangi” di Belitung
Sekolah Laskar Pelangi menjadi salah satu spot wisata paling banyak dikunjungi pelancong di Belitung (Liputan6)

Inibaru.id – Sudah sejak lama Pulau Belitung menjadi salah satu lokasi piknik paling menarik di Indonesia. Pamornya semakin naik setelah pulau yang masuk dalam wilayah administrasif Bangka Belitung itu menjadi latar film Laskar Pelangi (2008).

Berlibur ke Belitung memang menakjubkan, terlebih bagi Anda yang setiap hari berkutat dengan kesibukan di tengah kota besar yang dipenuhi polusi udara dan suara. Maka, jika ada waktu, berkunjunglah ke Negeri Laskar Pelangi itu.

Dilansir dari Liputan6, Minggu (19/11/2017) setidak-tidaknya ada lima spot piknik di Belitung yang sebaiknya masuk dalam daftar kunjungan Anda saat berlibur ke pulau yang dulu merupakan bagian dari Sumatra Selatan ini.

Spot pertama adalah Pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini terletak di Pulau Belitung bagian utara, tepatnya di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Dari pusat kota Tanjungpandan, Anda harus menempuh jarak sekitar 37 kilometer untuk mencapai pantai berpasir putih tersebut.

Baca juga:
Menikmati Kolam Renang Raksasa di Desa Tertua
Di Atas Pasir Putih Pantai Liang Mbala

Selain pasir yang putih dan air lautnya yang jernih, ratusan batu granit besar yang tersebar di pantai ini juga menjadi lanskap menarik untuk latar foto selfie Anda. Berbagai fasilitas permainan air seperti banana boat hingga menu kuliner seafood yang menggiurkan juga ada di sini.

Lalu, Pulau Lengkuas juga menjadi tempat yang wajib untuk Anda kunjungi saat berada di Belitung. Perairan jernih di sekitar pulau ini memungkinkan Anda melihat beragam koral di dasar laut tanpa harus menyelam. Mercusuar “zaman old” yang ada di sini juga bakal menarik untuk Anda sambangi.

Namun, dibutuhkan kocek yang lumayan besar untuk mencapai pulau indah tersebut. Anda bisa menyewa kapal dari Tanjung Kelayang dengan harga Rp 700-900 ribu, atau jika beruntung bisa Rp 300-400 ribu, untuk perjalanan selama 20 menit ke Pulau Lengkuas.

Kemudian, jika Anda penasaran dengan SD Muhammadiyah Gantong yang menjadi latar film Laskar Pelangi, kunjungilah Sekolah Laskar Pelangi. Sejak film besutan Riri Riza itu meledak di pasaran, SD yang kini dipindahkan ke  Lenggang, Gantung, Belitung Timur, tersebut berubah menjadi lokasi wisata favorit di Belitung.

Baca juga:
Ke Mang Dul demi Nasi Jamblang
Tiga Adat Klasik Jawa dalam Pernikahan Kahiyang

Selain SD Laskar Pelangi, Museum Kata Andrea Hirata juga menjadi spot piknik menarik di Belitung. Andrea Hirata adalah penulis novel berseri Laskar Pelangi. Ia sengaja membangun museum yang terletak di Jalan Raya Laskar Pelangi No 7, Gantong, Belitung Timur, itu untuk mengenalkan sastra bagi siapa pun yang berkunjung.

Nah, sebagai penutup, jangan lupakan Danau Kaolin. Kendati disebut danau, cerukan-cerukan di lokasi wisata yang terletak di Desa Perawas, Kecamatan Tanjungpandan, ini tidak tercipta secara alami, melainkan bekas tambang timah dan kaolin.

Para penambang yang tidak menutup lubang dan membiarkannya begitu saja membuat hamparan pasir putih itu digenangi air yang berwarna biru. Bagi penyuka swafoto, latar biru-putih di Danau Kaolin dipastikan akan membuat foto Anda terlihat penuh pesona. (OS/SA)