Agar Tetap Menyenangkan, Begini Tips Berlibur Saat Musim Hujan

Agar Tetap Menyenangkan, Begini Tips Berlibur Saat Musim Hujan
Traveling lancar meski sedang turun hujan. (Glamour)

Kini, nggak perlu cemas bila pengin berlibur di tengah musim hujan. Beberapa tips ini bisa jadi panduanmu saat hendak berlibur di musim hujan.

Inibaru.id – Mulai Oktober kemarin, hujan sudah mengguyur beberapa wilayah di Indonesia. Ini artinya musim hujan akan segera datang. Padahal, waktu liburan sekolah pun tinggal menghitung hari sehingga pas untuk melakukan perjalanan wisata.

Eits, jangan bingung dulu, Millens. Kamu tetap bisa berlibur meski hujan melanda, kok. Asal kamu tahu tipsnya, musim hujan nggak bakal jadi penghalang buatmu untuk berlibur. Berikut beberapa tips yang bisa membantumu menyiapkan liburan saat musim hujan.

Cek Prakiraan Cuaca

Ramalan cuaca. (Atmago)

Sebelum memutuskan berlibur, mengecek kondisi cuaca adalah hal pertama yang perlu kamu lakukan. Ini penting buatmu agar mudah melakukan persiapan dan membuat perencanaan yang tepat. Prakiraan cuaca ini bisa kamu lihat melalui situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Beberapa pengembang ponsel pintar juga membekali produknya dengan aplikasi prakiraan cuaca.

Pakaian yang Tepat

Baju hangat. (Outliers)

Selain mengecek prakiraan cuaca, pemakaian baju yang tepat juga sangat disarankan bagi kamu yang hendak berlibur saat musim hujan. Kamu bisa menggunakan pakaian panjang untuk melindungi badanmu dari cuaca yang dingin. Jangan lupa selalu bawa jaket saat berpergian. Oh iya, bawalah baju ganti yang berbahan tebal untuk dipakai saat malam hari supaya kamu nggak kedinginan.

Mencari Destinasi Indoor Sebagai Alternatif Liburan


Wisata Akuarium. (Ancol)

Kalau cuaca nggak menentu, kamu harus siap dengan segala kemungkinan saat berlibur. Jangan terkejut kalau tiba-tiba turun hujan dan membuat rencanamu berlibur di lokasi A menjadi gagal total.

Supaya nggak kecewa, siapkanlah rencana wisata di lokasi indoor alias wisata di dalam gedung. Jadi, bila nanti tiba-tiba turun hujan kamu bisa langsung pergi ke wisata dalam ruangan yang sudah kamu persiapkan seperti ke museum, akuarium, atau ke pusat perbelanjaan.

Sedia Payung dan Jas Hujan

Payung dan jas hujan. (Urbanicon)

Sedia payung sebelum hujan. Kalau dalam konteks ini, kalimat itu bukan peribahasa tapi memang salah satu tips yang bisa digunakan saat berwisata di waktu hujan. He-he

Selain payung, sediakan pula jas hujan di tas atau di kendaraanmu. Jangan sampai tertinggal, ya.

Pakai Pelindung Gawai

Waterproof. (Elevenia)

Saat ini, gawai adalah salah satu barang yang wajib dibawa ke mana pun, nggak terkecuali saat berlibur. Namun, nggak semua gawai bersifat kedap air sehingga kamu perlu menyediakan peralatan perlindung gawai seperti waterproof agar ponselmu terlindung dari air hujan. Kalau membawa kamera, sediakan juga alat pelindungnya, ya, Millens.

Membawa Perlengkapan Obat-obatan dan Vitamin

Obat-obatan dan vitamin. (Commhealthcare)

Menjaga kondisi tubuh saat berlibur adalah hal yang penting, terlebih saat musim hujan. Kalau kamu sakit di tempat wisata, liburanmu pasti akan kacau. Karena itu, bawalah obat-obatan pribadi atau vitamin untuk berjaga-jaga bila sewaktu-waktu badanmu sakit. Oh iya, jangan lupa minum air putih yang cukup, ya.

So, perhatikan hal-hal itu supaya liburanmu di musim hujan tetap menyenangkan ya, Millens. (IB07/E04)