Bahayakan Penerbangan, Berikut Kesalahan yang Kerap Dilakukan Penumpang Pesawat

Bahayakan Penerbangan, Berikut Kesalahan yang Kerap Dilakukan Penumpang Pesawat
Kesalahan yang sering dilakukan penumpang pesawat. (Business Insider)

Sejumlah penumpang pesawat sering mengabaikan aturan yang berlaku selama penerbangan. Padahal, kelakuan itu bisa membahayakan penerbangan, lo.

Inibaru.id – Pesawat disebut sebagai alat transportasi paling aman kedua di dunia. Ini karena pesawat didesain sedemikian rupa agar tahan dengan pelbagai kemungkinan gangguan yang terjadi, termasuk guncangan saat melintasi awan. Kendati terjamin keamanannya, sejumlah aturan bagi penumpang tetap dibuat demi keselamatan selama penerbangan.

Namun, rupanya masih banyak penumpang yang mengabaikan peraturan keselamatan ini. Mereka sering melakukan kesalahan yang bisa membahayakan diri sendiri dan penumpang lain.

Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan penumpang pesawat.

Menggunakan Telepon Genggam Selama Penerbangan

Bermain ponsel saat penerbangan berlangsung. (Grid)

Seringkali, penumpang didapati masih menyalakan telepon genggam dengan sinyal jaringan ponsel yang masih aktif. Hal itu dapat membahayakan proses penerbangan karena interferensi alat elektronik bisa mengacaukan sinyal pesawat dan memicu kecelakaan. jadi, ada baiknya matikan ponselmu atau ubah ke mode terbang selama penerbangan.

Mengabaikan Peragaan Prosedur Keselamatan

Mengabaikan prosedur keselamatan. (Huffington Post)

Bagi orang yang sering naik pesawat, peragaan prosedur keselamatan adalah hal yang sudah biasa. Sebagian di antara mereka cenderung mengabaikan peragaan ini. Padahal, peragaan prosedur keselamatan penting diperhatikan. Hal itu akan sangat bermanfaat saat terjadi pendaratan darurat, turbulensi, ataupun hal-hal yang mengancam lainnya. Jadi, tetap perhatikan dengan baik saat pramugari menyampaikan prosedur keselamatan, ya.  Jangan lupa juga untuk membaca kartu keselamatan di kantong sandaran kursimu.

Tidak Menggunakan Sabuk Pengaman dengan Benar

Menggunakan sabuk pengaman tidak sesuai instruksi. (Dok. Dirjen Perhubungan Udara)

Menggunakan sabuk pengaman selama penerbangan adalah hal yang wajib dilakukan penumpang. Namun, sebagian penumpang masih salah menggunakan sabuk pengaman. Letak pemasangan sabuk pengaman yang benar yakni di titik terendah panggul, bukan di perut atau kaki.

Menyimpan Barang Berat di Dalam Overhead Bin

Menyimpan barang terlalu berat di dalam kabin. (Blog Fakhris27)

Selain bagasi, barang bawaan yang bisa masuk kabin juga punya ambang batasnya tersendiri. Secara umum, ambang batas yang ditentukan yakni 7 kilogram. Namun, sebagian penumpang masih membawa barang-barang berat dan menaruhnya di overhead bin.

Padahal, saat pesawat kehilangan ketinggian atau mengalami guncangan, pintu overhead bin biasanya bisa terbuka dan barang di dalamnya bisa saja jatuh menimpa penumpang. Jadi, sebaiknya bawalah barang-barang yang ringan di kabin ya, Millens.

Penumpang Sudah Berdiri Sebelum Pesawat Berhenti Sempurna

Jangan berdiri saat pesawat sedang proses mendarat. (Kaskus)

Kesalahan ini paling umum dilakukan sejumlah penumpang. Yap, penumpang kerap melepas sabuk pengaman bahkan berdiri saat pesawat masih dalam proses mendarat. Hal itu bisa berakibat fatal karena kondisi pesawat nggak stabil. Jadi, penumpang disarankan untuk tetap duduk dan menggunakan sabuk pengaman sampai pesawat benar-benar berhenti.

Kesselamatan pesawat nggak cuma bergantung pada pilot atau awak pesawat saja, tapi juga dari penumpang. So, patuhilah aturan keselamatan agar penerbanganmu lancar, ya! (IB07/E04)