Belum Terang Sepenuhnya, Berhati-hatilah Menyusuri Goa Nguwik Purworejo!

Goa Nguwik merupakan salah satu wisata alam yang layak masuk rekomendasi jika kamu memilih berlibur ke Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Kendati nggak memiliki lintasan sepanjang Goa Sikantong, goa ini menarik lantaran menjadi tempat ditemukannya beberapa fosil berusia ribuan tahun.

Belum Terang Sepenuhnya, Berhati-hatilah Menyusuri Goa Nguwik Purworejo!
Di dalam Goa Nguwik, keindahan ini bisa kamu temukan. (Instagram/mahreen_pnbyk)

Inibaru.id – Bicara tentang pariwisata alam Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Goa Nguwik mungkin masih asing di telinga sebagian orang. Kendati berada dalam satu wilayah dengan Goa Seplawan dan Goa Sikantong, goa ini belum seramai keduanya. Meski belum ramai dikunjungi, bukan berarti pesona Goa Nguwik kalah indah, lo.

Berlokasi di Dukuh Katerban, Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Goa Nguwik memiliki panjang 220 meter. Untuk masuk ke dalamnya, kamu melewati mulut gua yang nggak terlalu besar. Penerangannya pun belum terlalu sempurna, karena baru menerangi sekitar 100 meter.

Jadi, jangan heran kalau pada beberapa bagian gua ini kamu hanya melihat kegelapan. Lantaran menjadi sarang kelelawar, jangan kaget pula jika sesekali terdengar kepak sayapnya.

https://magmagama.files.wordpress.com/2018/05/g5.png?w=736

Seorang pengunjung tengah menyentuh tetesan air dari stalagtit. (Magmagama.wordpress)

Setiba di dalamnya, kamu bakal menjumpai bebatuan dengan bentuk yang unik. Jika pengin memotretnya, kamu harus pintar pula mencari sudut pengambilan gambar. Lantaran tetesan air dari stalagtit cukup banyak, kamu perlu berhati-hati supaya kameramu nggak terkena tetesan air.

Di gua ini pula, pernah ditemukan fosil-fosil yang diperkirakan berusia sekitar 900 ribu tahun. Tim purbakala dari Sangiran mengevakuasi fosil tiga jenis hewan, yaitu rusa, kudanil, serta badak. Proses evakuasinya berjalan lumayan sulit lantaran letaknya berada jauh di dalam goa.

Penasaran dengan keindahan Goa Nguwik? Datanglah ke Purworejo. Kalau sudah puas menikmati gua ini, kamu bisa menjelajahi objek wisata lainnya.

Gimana, sudah menyiapkan tasmu? Yuk, cus ke Goa Nguwik sekarang! (IB06/E03)