Berenang di Jernihnya Pemandian Blue Lagoon Sleman, Asyik Banget!

Berenang di Jernihnya Pemandian Blue Lagoon Sleman, Asyik Banget!
Pemandian Blue Lagon. (Slemanonline.com)

Pemandian Alam Tirta Budi di Yogyakarta kerap disebut sebagai Pemandian Blue Lagoon. Ternyata, sebutan ini muncul karena air di pemandian tersebut berwarna kebiruan dan jernih banget, lo. Wow, seperti apa, ya?

Inibaru.id – Menghindar dari hiruk-pikuk kota untuk menikmati liburan memang sesekali perlu kita lakukan. Nah, Millens, kalau kamu hendak berwisata ke Yogyakarta, bertandanglah ke Blue Lagoon yang berlokasi di Desa Dalem, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman.

Blue Lagoon cukup jauh dari keramaian kota. Ini menarik buat kamu yang pengin menjauh dari kebisingan, kemacetan, dan situasi perkotaan yang selalu sibuk. Kamu dijamin bisa bermanja dengan keasrian dan kenyamanan pedesaan di lokawisata air ini.

Blue Lagoon. (Photoparse.blogspot.com)

Berbentuk ceruk yang dikelilingi bebatuan alami, Blue Lagoon terbilang hampir nggak pernah kering. Airnya melimpah banget! Air tersebut bersumber dari sendang yang kemudian berkumpul membentuk sebuah kedung.

Piknikasik.com menulis, ada tiga sendang di Desa Dalem, yakni Sendang Lanang, Sendang Wadon, dan Belik Kluwih. Ketiga sendang yang lokasinya berdekatan ini memiliki air yang berasal dari aliran sungai Tepus. Nah, dari ketiga sumber air tersebut, Blewik Kluwih membentuk kedung dengan air yang sangat jernih.

Blue Lagoon. (Photoparse.blogspot.com)

Kedung ini pun menjadi daya tarik wisata. Apalagi, airnya berwarna kebiruan. Unik banget, ya! Wajar saja, selain menyebut tempat ini sebagai Pemandian Alam Tirta Budi, masyarakat juga mengenalnya sebagai Pemandian Blue Lagoon.

Nggak jauh dari pemandian, ada bendungan kecil yang bisa digunakan untuk berseluncur dengan ban sewaan. Kalau berani, kamu bisa melompat dari ketinggian juga, lo.

Blue Lagoon. (asyikinberwisata.blogspot.com)

Mau mencoba fasilitas lainnya? Coba untuk melakukan terapi pijat dengan berdiri di bawah pancuran. Kesegaran mata air alami bisa membuat badan kamu menjadi segar dan nyaman. Setelah itu, kamu bisa bersantai di gazebo-gazebo di sekitar pemandian.

Lapar? Kamu bisa makan di warung-warung yang tersedia di sana. Eits, kalau masih belum puas, ada homestay yang bisa kamu tuju juga.

Kalau tertarik berwisata ke Blue Lagoon, kamu bisa berangkat dari Yogyakarta menuju Jalan Kaliurang. Di kilometer 12, pilih jalan menuju Jalan Besi Jangkang. Ikuti jalan, lalu ambil arah ke kanan sekitar 200 meter hingga menemukan pertigaan lagi. Berbeloklah ke kiri sejauh 100 meter, lalu belok kiri kembali. Nggak jauh dari situ, kamu bakal sampai ke lokasi wisata ini.

 

Blue Lagoon. (Tempatrekreasi.id)

Harga tiket masuknya juga cukup terjangkau. Kamu cuma perlu membayar Rp 3.000 untuk memasuki Blue Lagoon.

Oya, sebagai saran, sebaiknya kamu berkunjung ke Blue Lagoon pada musim kemarau. Ini karena pada musim hujan, air pemandian ini tampak keruh dan kecokelatan.

Nah, mumpung masih musim kemarau, yuk datang ke sana! (IB08/E03)