Berenang di Kejernihan Kolam Renang Alami Bernama Umbul Nilo

Berenang di Kejernihan Kolam Renang Alami Bernama Umbul Nilo
Umbul Nilo. (Tribunnews)

Kalau kamu biasa berenang di pemandian buatan yang umumnya berbau kaporit, aroma itu nggak bakal kamu dapatkan di sini. Yap, Umbul Nilo namanya. Seberapa menarik?

Inibaru.id - Pergi rekreasi ke Klaten, jangan lupa masukkan Umbul Nilo ke dalam daftar tujuanmu. Meski belum tergarap maksimal oleh Pemerintah setempat, kamu tetap bisa bersenang-senang menikmati kejernihan mata air alami yang menyegarkan seluruh badan dan pikiran.

Sama-sama ada di Klaten, jarak antara Umbul Nilo dan Ponggok nggak terlalu jauh. Hanya sekitar 10 menit jika kamu menempuhnya dengan motor. Lokasi tepatnya ada di Dusun Margosuka, Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Klaten.

Sumber mata air ini ada di dekat pemukiman warga ya, Millens. Ukuran kolamnya lebih kecil ketimbang Umbul Ponggok, yaitu sekitar 15x10 meter dengan kedalaman 1,5 meter. Lantaran kesejukan, kebersihan, dan kejernihan airnya, kamu dijamin bakal betah berlama-lama berenang di sana.

Dasar kolam yang berupa bebatuan bisa kamu lihat dengan jelas dari atas, lo. Suasana di sana makin teduh karena efek adanya pohon ipik yang tumbuh di sekitar. Pohon ipik sekilas serupa dengan pohon beringin yang rimbun.  

Umbul Nilo. (Lelungan)

Ngomong-ngomong soal pohon, dahulu di sekitar kolam itu banyak tumbuh pohon nilo. Tanaman nilo biasanya digunakan untuk pewarnaan kain batik. Itulah kenapa tempat itu terkenal dengan nama Umbul Nilo. Sayang, sekarang nggak ada lagi pohon nilo di situ.

Umbul Nilo sudah pas banget jika kamu jadikan destinasi keluarga yang murah meriah. Murah karena untuk masuk ke sana, kamu cukup menyisihkan Rp 5.000 per orang. Meriah karena nggak cuma para dewasa saja yang bisa berenang, anak-anak juga bakal senang berenang di kolam khusus anak yang kedalamannya nggak lebih dari satu meter.

Jadi, kapan ajak keluarga ke sana? (IB20/E03)

Tags :