Segarkan Pikiran Sekaligus Rohani di Gua Maria Kerep Ambarawa
Wisata Gua Maria Kerep Ambawara. (Yogadolan)

Segarkan Pikiran Sekaligus Rohani di Gua Maria Kerep Ambarawa

Saat Natal, Gua Maria Kerep Ambarawa adalah tempat wisata yang cocok bagi umat Kristiani. Selain berwisata, kamu juga bisa belajar sejarah agama Kristen lewat biorama patung yang ada di taman doa kompleks tersebut.

Inibaru.id – Berekreasi dan belajar tentang pendidikan agama, kedengarannya menyenangkan ya, Millens. Apalagi media belajarnya berupa taman indah yang diisi patung-patung replika bersejarah yang ada di dalam Alkitab, cocok banget kan untuk dikunjungi saat Natal? Itu semua bisa kamu dapatkan di Gua Maria yang berada di Kerep, Ambarawa.

Objek wisata yang berada di Jalan Tentara Pelajar, Kerep, Kelurahan Panjang, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang ini mudah ditemukan. Lokasi Gua Maria hanya berjarak 450 meter dari jalan raya dan dekat dengan terminal Ambarawa.

Berlokasi di dekat perbukitan dan dipenuhi pepohonan rindang, Gua Maria menjadi objek wisata yang berudara sejuk dan segar. Bagi pemeluk Katolik, Gua Maria cocok dijadikan tempat berdoa, retreat, rekoleksi, meditasi, berziarah, serta menyegarkan rohani.

Air sungai yang mengalir di sekitar gua serta patung-patung replika di Taman Doa menjadi daya tarik tersendiri yang jarang ditemukan di tempat wisata lain. Kamu juga bisa menemukan patung Yesus dengan ukuran yang cukup besar. Nggak ketinggalan, ikon patung Bunda Maria setinggi 42 meter pun bisa kamu saksikan di sini.

Patung Yesus. (Yogadolan)

Selain aneka patung, kamu juga bisa menemukan mata air di tempat ziarahnya. Air itu bisa dibawa pulang, lo. Jangan khawatir, air yang bisa diambil sudah difilter atau disaring dengan saringan khusus sehingga sudah siap minum.

Di gua ini, ada dua ruangan yang bisa kamu datangi untuk beribadah yaitu Taman Doa dan Stasi Jalan Salib. Di Taman Doa, kamu akan mendapatkan penjelasan tentang perjuangan-perjuangan umat Katolik, sedangkan di Stasi Jalan Salib kamu bisa bermeditasi.

Gua Maria. (Ranselkoperika)

Di luar kedua ruangan itu, ada juga camping ground area yang bisa digunakan untuk bermalam dan berkemah. Ada pula kapel dan gedung pertemuan yang seringkali digunakan dalam acara keagamaan tertentu.

Fasilitas di objek wisata ini pun lengkap. Mulai dari tempat parkir, area kuliner dan cinderamata, sarana outbond, serta gedung penginapan tersedia di Gua Maria.

Wisata ini dibuka selama 24 jam tanpa tiket masuk. Kamu hanya dikenai biaya parkir sebesar Rp 2 ribu per sepeda motor dan Rp 5 ribu untuk mobil. Cocok kan untuk mengisi libur Natal? (IB07/E04)