Berburu Ketenangan di Balik Asrinya Pulau Mandalika Jepara

Berburu Ketenangan di Balik Asrinya Pulau Mandalika Jepara
Seorang pengunjung berpose di Pulau Mandalika. (Instagram.com/defit_riyan)

Berwisata ke pulau nggak berpenghuni nggak selalu terlihat menyeramkan. Sebaliknya, pulau kecil nggak berpenghuni biasanya justru menyimpan keindahan alam nan asri dan menyejukkan hati.

Inibaru.id – Sebagai negara kepulauan, Indonesia nggak hanya terdiri atas pulau-pulau besar. Gugusan pulau kecil pun banyak tersebar di berbagai wilayah sebagai kekayaan alam Indonesia. Biasanya pulau-pulau kecil itu nggak berpenghuni, jadi memiliki keindahan yang masih asri.

Nggak jauh dari Kota Semarang, ada juga satu pulau kecil yang indah lo. Namanya Pulau Mandalika. Secara administratif pulau yang masih asri ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Jepara. Tepatnya di Desa Ujung Watu, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara.

Untuk menuju ke sana, kamu dapat menyewa perahu dari jalur penyeberangan Pantai Kartini. Biasanya harga sewa perahu cukup variatif, tergantung banyaknya penumpang. Untuk sampai ke Pulau Mandalika, kamu akan menempuh perjalanan selama sekitar 30 menit.

Pulau Mandalika dilihat dari laut. (Instagram.com/aqibiribhan)

Pulau Mandalika merupakan pulau yang nggak berpenghuni. Hm, pantas saja keasriannya masih terjaga ya. Putihnya pasir pantai di sana terlihat begitu bersih. Rimbunnya pepohonan pun tampak hijau dan menyejukkan.

Keasrian Pulau Mandalika juga dapat kamu temukan hingga ke dalam lautnya, Millens. Kamu dapat menemukan beragam ikan laut seperti kerapu, pari, dan kakap putih. Di sekitar pulau juga terdapat beberapa spot terumbu karang yang belum terjamah lo.

Baca Juga:
Nangka Celeng, Varietas Nangka Unik dari Pulau Mandalika
Mitos di Balik Keindahan Pulau Mandalika yang Perlu Kamu Ketahui

Melakukan aktivitas seperti memancing, bermain air, hingga menyelam bisa jadi pilihan yang asyik kala berkunjung ke sana. Sekadar duduk-duduk di pinggir pantai juga nggak kalah seru!

Selain pantainya yang indah, di Pulau Mandalika kamu juga bisa menjajal buah unik bernama nangka celeng. Nggak seperti nangka pada umumnya, buah nangka celeng tumbuh di bagian bawah pohon. Unik ya?

Seorang pengunjung di Pantai Mandalika. (Instagram.com/aqibiribhan)

Satu hal lagi yang bisa kamu lakukan di Pulau Mandalika yaitu berwisata religi. Yap, di sana terdapat makam Mbah Leseh atau Sayyid Utsman, seorang menteri pada masa Kerajaan Kalinyamatan. Warga setempat percaya bahwa mandi di air laut yang berdekatan dengan makam dapat menyembuhkan penyakit yang diderita.

FYI, nggak ada penginapan di Pulau Mandalika. Namun, kalau pengin bermalam, kamu bisa kok mencari penginapan di kawasan Benteng Portugis yang berada tepat di seberang pulau. Harga penginapannya bervariasi mulai Rp 80 ribu hingga Rp 200 ribu.

Jika kamu menginginkan perjalanan liburan yang tenang dalam balutan alam nan asri, Pulau Mandalika bisa jadi satu tujuan yang tepat. Namun, selalu ingat untuk menjaga kebersihan dan keasrian di sana ya! (IB10/E03)