Aneka Jajanan Tradisional Khas Jepara Ada di Pasar Sore Karangrandu

Aneka Jajanan Tradisional Khas Jepara Ada di Pasar Sore Karangrandu
Suasana di Pasar Sore Karangrandu. (Tic.jepara)

Jalan-jalan sore di Jepara? Cobalah sembari mencari berbagai jajanan tradisional di Pasar Sore Karangrandu.

Inibaru.id – Pasar Sore Karangrandu atau biasa disebut PSK, merupakan salah satu sentra jajanan favorit di Bumi Kartini. Lokasinya berada di Jalan Raya Pecangaan-Karangrandu kilometer 2, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Para pedagang di Pasar Sore Karangrandu biasanya mulai membuka lapak mereka sekitar pukul 12.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Beragam jajanan tradisional ada di sana, seperti klepon, ketan, getuk, gemblong, dan klenyem.

Ada pula jajanan khas jepara seperti horog-horog. Nggak hanya beragam camilan, aneka es tradisional juga tersedia, di antaranya es cendol, es gempol pleret, dan es ketan hitam. Harganya pun relatif terjangkau, mulai sekitar Rp 2.000 saja.

Sate keong, salah satu makanan tradisional yang bisa ditemukan di Pasar Sore Karangrandu. (Inibaru.id/ Isyah M)

Kamu mencari lauk pauk dan makanan berat? Ada juga kok! Pecel kangkung, pecel rumput laut, botok, pepes ikan, dan sate keong merupakan beberapa pilihan yang bisa kamu temukan di sana.

Di waktu-waktu tertentu seperti saat akhir pekan, pasar tersebut juga menampilkan pertunjukan kesenian tradisional untuk menghibur para pengunjung. Wah, seru banget, kan?

Dari Pasar Tradisional

Awalnya Pasar Sore Karangrandu merupakan pasar tradisional biasa yang menjual ragam kebutuhan sehari-hari. Namun, sejak Ramadan 2010, para pedagang berganti haluan menjual aneka jajanan tradisional sebagai takjil. Lapak para pedagang pun berada di sepanjang jalan.

Seusai Ramadan, antusiasme masyarakat untuk berbelanja di Pasar Sore Karangrandu nggak berkurang. Lambat laun, Pasar Sore Karangrandu pun direlokasi ke bangunan permanen dengan dukungan dana desa.

Lapak pedagang di Pasar Sore Karangrandu tertata rapi. (Tic.jepara)

Peningkatan penataan dan fasilitas di Pasar Sore Karangrandu rasanya sepadan dengan jumlah pengunjung yang nggak pernah berkurang. Ragam jajanan yang cukup komplet dan harganya yang ekonomis merupakan daya tarik bagi pengunjung untuk terus datang ke Pasar Sore Karangrandu.

Menikmati suasana sore di Kota Ukir rasanya tepat jika berjalan-jalan mencari jajanan di Pasar Sore Karangrandu. Apalagi jika kamu datang beramai-ramai dengan orang-orang tersayang. Tertarik untuk mencobanya? (IB10/E03)