Weekend Escape di Antara Bambu-Bambu Kampung Klatakan di Desa Wringinputih Magelang

<em>Weekend Escape</em> di Antara Bambu-Bambu Kampung Klatakan di Desa Wringinputih Magelang
Salah satu rumah anjungan di Desa Wringinputih. (Balkondesborobudur)

Desa Wringinputih di Magelang memiliki bangunan-bangunan cantik dari bambu. Suasana tradisional ini mungkin bisa menjadi salah satu tempat menarik untuk weekend escape akhir pekan ini. Ada apa saja sih di desa ini?

Inibaru.id – Berlibur sejenak pada akhir pekan atau yang kerap disebut weekend escape sungguh menyenangkan, khususnya bagi kamu yang tiap hari berkutat dengan kerjaan dan deadline ketat. Nah, kalau kamu bingung akhir pekan ini pengin ke mana, menyambangi Desa Wringinputih di Magelang mungkin bisa menjadi pilihanmu.

Sejak lama Magelang memang menarik dikunjungi. Nggak cuma untuk berwisata rohani, lantaran memiliki sejumlah jejak Buddha di Jawa, kabupaten seribu bunga itu juga kaya akan spot-spot wisata dengan panorama alam yang masih asri dan indah, termasuk Wringinputih.

Desa yang berada di Kecamatan Borobudur itu mulai dilirik wisatawan lantaran merupakan salah satu balai ekonomi desa (balkondes) yang digagas pemerintah setempat yang bekerja sama dengan BUMN. Tujuannya, tentu saja untuk meningkatkan pendapatan masyarakat setempat, khususnya di bidang pariwisata.

Balkondes Wringinputih. (Instagram/jelajah_magelang)

Desa Wringinputih masih merupakan bagian dari Kompleks Candi Borobudur. Balkondes Wringinputih tampak cantik dengan bangunan-bangunannya yang khas. Alih-alih menggunakan arsitektur bergaya modern, rumah-rumah tradisional yang terbuat dari bambu menjadi pemandangan yang memesona mata.

Baca Juga: Desa Wisata Giritengah Magelang, Persinggahan Pangeran Diponegoro yang Tawarkan Keindahan 4 Gunung

Rumah-rumah itu disebut anjungan. Kamu bisa menginap di sana, lo. Fasilitasnya nggak kalah kok dengan hotel. Selain anjungan, terdapat pula panggung yang bisa digunakan untuk acara-acara tertentu.

Penghasil Bambu

Desa Wringinputih, khususnya di Kampung Klatakan, Dusun Bojong, dikenal sebagai salah satu penghasil bambu. Maka, jangan heran jika kamu kemudian melihat ada begitu banyak suvenir dari bambu yang dijual di sana. Gasing, egrang, hingga bakiak bisa kamu beli untuk hadiah orang terkasih, lo

Kampung Bambu Klatakan. (Beritagar/Reza Fitriyanto)

Selain berbelanja, kamu juga bisa mencoba melakukan permainan panahan di tempat tersebut. Itu saja? Tunggu dulu! Kalau lapar, ada berbagai kuliner tradisional yang siap menggoyang lidah. Mulai dari es cendol hingga tiwul bisa kamu coba. Asal ingat, lantaran ini tempat wisata, siapkan dana lebih ya! Ha-ha.

Siapa yang sudah pernah ke Desa Wringinputih? Yuk, bagi pengalamanmu dengan sobat Millens lain! (IB15/E03)