Kain Batik dan Soto Tauto, <em>Iconic Duo</em> Kota Pekalongan yang Ada di Pasar Grosir Setono
Pasar Setono bisa jadi tempat memborong gaun hingga kemeja batik. (Warta Desa)

Kain Batik dan Soto Tauto, Iconic Duo Kota Pekalongan yang Ada di Pasar Grosir Setono

Nggak cuma berburu batik dengan harga yang cukup menarik, kamu juga bisa berwisata kuliner saat berkunjung ke Pasar Grosir Setono, Kota Pekalongan. Salah satu yang perlu kamu cicipi adalah soto tauto, yang berada sepelemparan lembing saja dari pasar yang ada di jalur utama pantai utara Jawa tersebut.

Inibaru.id – Sebagai salah satu sentra produksi batik terbesar di Jawa Tengah, batik Pekalongan tentu nggak boleh kamu lewatkan. Salah satu tempat paling mudah mendapatkannya adalah di Pasar Grosir Setono. Pelbagai batik dengan ragam corak dan harga bisa kamu jumpai dengan mudah.

Baca Juga:
Telusuri Motif Batik Nusantara di Museum Batik Pekalongan
Motif-Motif Cantik Batik Pekalongan

Berlokasi di Jalan dr Sutomo No 1-2, Kelurahan Karangmalang, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Jawa Tengah, Pasar Grosir Setono memang menjadi salah satu tempat paling cocok untuk berburu kain cantik ini. Nggak jauh dari sana, kamu juga bisa sekaligus menikmati soto tauto yang jadi menu kuliner ikonik di Pekalongan.

Pasar Grosir Setono Pekalongan. (Infopublik)

Menyambangi Pasar Setono, ratusan pedagang batik bakal langsung menyambutmu. Batik tulis, cap, print, hingga kombinasi bisa kamu temukan di sana. Kota Pekalongan memiliki beberapa motif khas, yakni Jiamprang, Liong, dan Semen. Selain ketiga batik tersebut, kamu juga bisa menjumpai motif Priyangan, Pring Sedapur, dan Sogan.

Harga batik di pusat grosir tersebut cukup variatif, mulai dari Rp 25 ribu hingga Rp 4 juta yang berbahan sutra.

Baca Juga:
Sejarah Panjang Batik Pekalongan, Berkembang Pesat Pasca-Perang Diponegoro
Kisah Batik Pekalongan, Lebih Warna-warni dengan 8 Kali Pewarnaan

Bicara tentang sejarahnya, bangunan Pasar Sentono dulunya merupakan bekas pabrik tekstil. Setelah nggak terpakai, bangunan lantas dialihfungsikan sebagai pasar karena para pedagang batik nggak punya tempat berjualan di dalam kota.

https://awsimages.detik.net.id/customthumb/2012/06/05/1025/img_20120605175435_4fcde56be5793.jpg?w=600&q=90

Batik dengan corak yang beragam bisa dijumpai di Pasar Setono. (Detik)

Lokasi Pasar Sentono strategis untuk menggaet wisatawan yang singgah ke kota ini. Nggak heran pada waktu-waktu tertentu, para pedagang bisa menangguk keuntungan hingga Rp 70 juta per hari. Ckck!

Soto Pedas Khas Pekalongan: Tauto

Puas berbelanja, jangan lupa isi perut dengan kuliner khas Kota Pekalongan yaitu soto tauto. Soto berisi suwiran daging ayam dan daging kerbau ini menjadi makanan yang harus kamu cicipi.

Soto tauto khas Pekalongan. (Merahputih)

Biar makin mantap, soto tauto ditambah dengan satai jeroan. Rasanya? Hm, nendang pol! Dengan harga sekitar Rp 15 ribu per porsi, makanan ini bakal bikin perutmu kenyang dan pasti ketagihan!

Baca Juga:
Mengenal Soto Tauto Khas Pekalongan, Akulturasi Kuliner Tiongkok dengan India
Salah Satu Kenikmatan Tauto Khas Pekalongan Ada di Kedai Soto Tauto Bang Dul

Setelah kenyang menyantap soto tauto, silakan lanjutkan berbelanja atau kalau sudah sore, bisa lanjut besok lagi! Ha-ha. Buat kamu yang nggak tinggal di Pekalongan, menginaplah 1-2 hari, karena pesona Kota Batik nggak bakal cukup kamu nikmati sehari saja! (IB15/E03)