Beragam Tujuan Wisata Seru yang Ada di Desa Wisata Plajan

Di Desa Wisata Plajan, nggak hanya satu atau dua lokawisata yang bisa kamu kunjungi. Nggak kurang dari lima lokawisata ada di sana. Semuanya menarik dan nggak boleh kamu lewatkan.

Beragam Tujuan Wisata Seru yang Ada di Desa Wisata Plajan
Gardu pandang di lokawisata Akar Seribu Plajan. (Instagram/mj_ocha96)

Inibaru.id – Jepara selama ini dikenal dengan wisata pantainya yang indah, apalagi jika berkunjung ke sana sembari menanti matahari terbenam! Namun, tahukah kamu, berwisata di Jepara nggak melulu soal pantai lo. Di Jepara, ada satu desa yang memiliki banyak potensi wisata menarik untuk dikunjungi. Yap, Desa Wisata Plajan.

Desa wisata ini berada di Kecamatan Pakis Aji. Dari pusat kota Jepara, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 22 kilometer untuk sampai di sana.

Sirkuit Bumi Arafah, salah satu destinasi wisata di Desa Wisata Plajan. (Radar Kudus/Emi Noviyanti)

Akses menuju ke Desa Wisata Plajan cukup mudah. Selain jalannya yang cukup baik, kamu juga akan dimudahkan oleh adanya papan penunjuk arah sepanjang perjalanan ke sana.

Sesampainya di sana, bukan pantai yang akan menyambutmu, melainkan asrinya suasana perbukitan. Destinasi wisata di sana pun beragam, di antaranya Akar Seribu, Gong Perdamaian, Gua Sakti, Pura Darmaloka, dan Sirkuit Bumi Arafah.

Ragam Destinasi Wisata

Pengin jalan-jalan menyusuri hutan sembari berburu foto dengan suasana eksotis? Kamu bisa mengunjungi objek wisata Akar Seribu. Pepohonan karet yang tumbuh menjulur dari ranting hingga ke akarnya menjadi daya tarik utama di sana. Berkunjung ke sana seolah menjadikanmu seorang petualang sungguhan!

Menikmati pemandangan alam di Desa Wisata Plajan juga bisa kamu lakukan di objek wisata Sirkuit Bumi Arafah. Di sirkuit balap motor trail itu tersedia juga gardu pandang yang memungkinkanmu melihat pemandangan dari ketinggian.

Lokawisata Akar Seribu. (DetikTravel/Wikha Setiawan)

Pengin berwisata dengan nuansa religi? Bisa juga, Millens! Datanglah ke objek wisata Gua Sakti. Gua yang masih asri itu dipercaya sebagai petilasan seorang leluhur di Desa Plajan bernama Mbah Langkir. Hingga saat ini, Gua Sakti juga masih digunakan sebagai tempat tirakat kelompok kesenian barongan dan kuda lumping Desa Plajan.

Wisata religi juga dapat kamu lakukan di Pura Darmaloka. Pura besar ini merupakan salah satu pusat kegiatan umat Hindu di Jepara lo. pada hari-hari besar umat Hindu, Pura Darmaloka akan dipadati oleh umat dan masyarakat umum.

Gong Perdamaian di Desa Plajan. (Imgwonders)

Satu lagi destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi di Desa Wisata Plajan adalah Gong Perdamaian. Berkunjung ke sana, kamu akan menyadari bahwa di dunia ini begitu banyak perbedaan yang justru dapat membawa perdamaian.

Wah, Desa Plajan benar-benar berhasil menyajikan beragam destinasi wisata dalam satu lokasi. Eits, jangan bingung menentukan tujuan ya. Kunjungi saja semuanya, ha-ha! (IB10/E03)