Belajar Jadi Peternak di Tiga
Memerah susu sapi di peternakan (tripadvisor.co.uk)

Belajar Jadi Peternak di Tiga "Wisata Peternakan" Ini, Yuk!

Ingin belajar beternak dan tertarik mencoba rasanya jadi peternak? Tiga lokasi agrowisata ini layak kamu kunjungi untuk mendapatkan pengalaman tersebut.

Inibaru.id – Kamu yang tinggal di perkotaan mungkin pernah merasakan jenuhnya hiburan modern ala pusat perbelanjaan. Kalau iya, nggak ada salahnya menyempatkan diri sejenak ke tempat yang memberimu suasana pedesaan. Salah satu alternatif wisata yang bisa kamu jajal keseruannya adalah wisata peternakan.

Nah, buat kamu yang tinggal di Jawa Tengah atau tengah berlibur ke provinsi yang beribukota di Semarang itu, nggak ada salahnya untuk mengunjungi peternakan di sana. Sekurangnya ada tiga tempat yang bisa kamu sambangi. Mana saja? 

  1. Peternakan Kambing Etawa Kaligesing

https://4.bp.blogspot.com/-reS6OcSR9AU/Wo2pAV6Kz9I/AAAAAAAAFpg/B6FAuPGsTWYT3mH_JHOatB0zXIgMmLpxgCLcBGAs/s1600/cara%2Bbeternak%2Bkambing%2Bpe%2Bkaligesing.jpg

Peternakan kambing etawa Kaligesing (suksesternakkambing.com)

Mau beli kambing untuk acara keluarga, beternak, atau ikut kejuaraan? Di Peternakan Kambing Etawa Kaligesing kamu bisa mendapatkan semuanya. Selain menjual kambing kaligesing, peternakan yang berada di Desa Tlogoguwo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo ini juga kerap menjadi tujuan wisata edukasi, lo.

Banyak mahasiswa yang menjadikan tempat ini sebagai sarana belajar dan melakukan penelitian. Karena itu, pihak pengelola menyediakan fasilitas yang lengkap, mulai toilet, musala, wifi, ruang rapat, hingga ruang pertemuan.

Karena berada cukup jauh dari pusat kota, sepanjang jalan menuju peternakan kamu akan disuguhi udara yang segar, pepohonan pinus yang menyejukkan mata, dan medan yang agak terjal. Tertarik?

  1. Agrowisata Sapi Perah Cepogo

https://2.bp.blogspot.com/-9O_RiMr9ylM/Vx-CAlEu65I/AAAAAAAAAc8/it2tjHDTtQEdJ9w1Oxi3yeo-DYfUH47SgCLcB/s640/sapi-perah_20150816_071146.jpg

Suasana di Agrowisata Sapi Perah Cepogo (areasoloraya.blogspot.com)

Di Jateng, Agrowisata Sapi Perah Cepogo adalah salah satu agrowisata yang paling populer. Berada di Desa Cepogo, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, atau sekitar 13 km dari pusat kota, agrowisata ini menawarkan pesona pemandangan alam hingga serunya memerah sapi.

Dari sana, kamu bisa menyaksikan indahnya pegunungan Merapi dan Merbabu. Karena berada di ketinggian 800 mdpl, nggak heran kalau udara di desa ini begitu sejuk.

Selain bisa melihat bagaimana sapi memproduksi susu, kamu juga bisa menjajal sensasi menjadi peternak. Di sana, kamu diperbolehkan ikut memberi pakan, membersihkan kandang, membersihkan sapi, hingga memerah susu sapi.

Oya, kalau pengin berlibur agak lama, ada banyak penginapan seharga Rp 25.000-100.000 di sana. Murah dan menyenangkan, kan?

  1. Cimory on The Valley

http://hellosemarang.com/wp-content/uploads/2015/04/kandang-sapi-cimory.jpg

Suasana di Cimory on The Valley (hellosemarang.com)

Kalau kamu berada di Semarang atau Ungaran, Cimory on The Valley adalah pilihan yang tepat untuk menghabiskan liburan ala pedesaan. Objek wisata yang berada di Jalan Soekarno Hatta KM 30 ini memadukan konsep restoran dan agrowisata.

Di sana, kamu bisa melihat dan memberi makan sapi-sapi. Terus, ada pula kebun binatang mini yang berisi ayam, kura-kura, rusa, dan ikan. Wah, cocok nih kalau dijadikan tujuan wisata untuk anak-anak!

Kalau lapar, kamu bisa menikmati aneka menu di restoran yang mereka sedikan. Kendati agak mahal, rasanya sebanding kok.

Terus, kalau pengin punya kenangan saat berkunjung ke sana, kamu juga bisa berbelanja produk dan pernak-pernik Cimory. Tokonya berada persis di samping restoran. Di sana, kamu bisa membeli susu, yoghurt, permen, cangkir, kaos, hingga bantal dengan harga sekitar Rp 10 ribu hingga Rp 100 ribu.

Sebelum pergi ke sana, coba buka lemarimu dan cari aksesori yang mendukung untuk foto-foto. Kalau kamu punya topi koboi, bawa saja untuk dipadupadankan dengan kemeja motif kotak-kotak dan celana jinmu. Hasil fotomu pasti lebih ciamik! He-he. (IB15/E03)