Belajar Budaya Jawa di Dusun Tembi Yogyakarta

Belajar Budaya Jawa di Dusun Tembi Yogyakarta
Rumah Budaya Tembi. (jalanjogja.com)

Asri, eksotis, dan menawan. Mungkin, itulah yang dipikirkan wisatawan internasional saat memasuki Desa Tembi. Desa dengan nuansa Jawa yang kental ini memang begitu memesona. Sudah pernahkah kamu berkunjung ke desa ini?

Inibaru.id – Bicara tentang budaya Jawa, rasanya belum lengkap kalau belum membahas Kota Solo dan Yogyakarta. Sebagai pusat pemerintahan di masa lampau, dua kota ini memang memiliki banyak tempat bersejarah yang menarik untuk dikunjungi.

Di Yogyakarta, tepatnya di Dusun Tembi, Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, wisatawan bisa belajar keunikan budaya Jawa. Bagi kamu yang awam, tempat ini sebaiknya masuk dalam daftar tujuanmu.

Butuh waktu sekitar 20 menit untuk mencapai dusun ini jika kamu berangkat dari pusat kota. Sesampai di sana, kesederhanaan khas pedesaan bakal menyambutmu lewat hijaunya sawah.

Nggak hanya menyaksikan asrinya persawahan, pemandangan kerbau mandi di sungai usai membajak akan jadi suguhan matamu. Suasana pedesaan Jawa ini bakal makin kamu rasakan jika kamu mampir ke pendopo atau Rumah Budaya Tembi.

Gadis-gadis tengah mengenakan kebaya dan jarik khas Jawa. (Garasijogja.com)

Di pendopo itu, kamu bakal melihat alat musik gamelan, pakaian tradisional, aneka senjata, hingga siklus kehidupan masyarakat Jawa. Biasanya, para seniman akan menggelar kesenian gamelan pada akhir pekan untuk menghibur wisatawan. Duh, duh, jadi pengin nonton, nih.

Bisa membaca huruf Jawa? Hm, sebaiknya kamu juga nggak melewatkan perpustakaan yang menjadi bagian dari rumah budaya ini. Di sana, terdapat sekitar 5.000 naskah, lo. Perpustakaan ini biasanya dibuka pada pukul 09.00-16.00 WIB, kecuali akhir pekan.

O ya, kalau berencana menginap di dusun ini, nggak perlu pusing mikirin seperti apa kualitas penginapannya. Mulai dari yang standar hingga mewah bisa kamu dapatkan sesuai bujetmu kok. Penginapan di desa ini nggak mengabaikan kenyamanan dan kenyamanan, lo.

Liburan di Dusun Tembi sepertinya memang menyenangkan. Kamu kapan berkunjung ke Kota Pelajar ini? Kalau ke sana, jangan lupa mampir Dusun Tembi ya. (IB15/E03)