Biar Liburan Lebih Terkonsep, Bikin Itinerari Perjalananmu, yuk!

Biar Liburan Lebih Terkonsep, Bikin Itinerari Perjalananmu, yuk!
Liburan yang berkualitas adalah perjalanan yang dipersiapkan dengan baik. (Pixabay)

Buat kamu yang hendak traveling, sepertinya gambaran ini cocok buat dijadikan panduan untuk menyusun agendamu. Perhatikan baik-baik ya, Millens!

Inibaru.id – Petualang tak pernah menyiapkan itinerari. Namun, well-planned traveler membutuhkannya untuk perjalanan yang lebih terkonsep.

Nah, kalau kamu termasuk pelancong terkonsep, itinerari perjalanan penting agar liburanmu lebih rapi, nggak ada tujuan wisata yang terlewat, dan yang terpenting, nggak kehabisan bujet di perjalanan!

Untuk menyusun itinerari, beberapa hal ini penting kamu coba. Apa saja ya?

Tentukan Tujuanmu

Baik di dalam ataupun luar negeri, tujuan utama dari perjalananmu harus dipastikan terlebih dulu. Soalnya, tujuan akan mempengaruhi perencanaan bujet serta alokasi waktu liburanmu. So, pastikan dulu ya, Millens!

Oya, upayakan untuk tidak mendadak ya. Idealnya, liburan itu dipersiapkan selama tiga bulan agar lebih longgar waktunya.

Pastikan Bujetmu

Jangan gegabah memilih tujuan tanpa pertimbangan dana, lo! Nah, biar nggak boros, coba dulu pastikan bujet utama yang akan kamu gunakan.

Lalu, rinci kebutuhanmu, mulai dari transportasi, akomodasi dan kelengkapan lainnya, termasuk juga dana cadangan.

Yap, kamu harus tetap menyiapkan dana cadangan untuk jaga-jaga jika ada keperluan mendadak.

Rinci Agendamu

Setelah tujuan utamamu pasti, langsung list objek yang akan kamu kunjungi. Setelah itu, buat estimasi waktu yang kamu butuhkan selama berlibur.

Bikin sedetailnya, berapa jam untuk setiap objeknya dan perkiraan waktu di perjalanan yang akan kamu habiskan, ya. Meski tidak selalu tepat, ini cukup membantumu untuk lebih disiplin.

Bikin Daftar Referensi

Referensi dalam hal ini berkaitan dengan informasi fasilitas umum, rekomendasi makanan, pusat oleh-oleh dan sejenisnya yang ada di kota tujuanmu.

Meskipun sekarang udah ada sistem informasi digital yang bisa membantumu kapan saja, dengan menyiapkan list ini jauh-jauh hari mungkin akan membuatmu lebih tenang.

(Baca Juga: Mudahkan Bikin Itinerari Perjalanan Pribadi dengan 4 Aplikasi Ini!)

Sederhana kan, Millens? Selamat mencoba, ya! (IB23/E03)