Beach Hopping di Wonogiri? Kunjungi Tiga Pantai Tersembunyi Ini!

Beach Hopping di Wonogiri? Kunjungi Tiga Pantai Tersembunyi Ini!
Pantai Nampu. (Brobali.com)

Nggak punya banyak waktu tapi pengin mencicipi pantai-pantai indah di Wonogiri? Beach hopping saja ke tiga pantai ini!

Inibaru.id – Jika pantai utara Jawa terkenal dengan pantainya yang landai berpasir hitam, pantai selatan memiliki daya tarik tersendiri. Kalau bukan karena ombaknya yang cocok untuk surfing, garis pantai di bagian selatan umumnya dihiasi karang terjal, tebing tinggi, atau pasir putihnya yang menawan, seperti yang ada di Kabupaten Wonogiri.

Berada di ujung timur Jawa Tengah dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, kabupaten yang dikenal dengan nasi tiwulnya itu memang memiliki sejumlah pantai eksotik. Letaknya pun berdekatan, sehingga memudahkanmu untuk beach hopping dari satu pantai ke pantai lainnya di sana dalam waktu sehari saja. Ke mana saja?

Pantai Banyutowo

Pantai Banyutowo. (Wisataarea.com)

Di pantai yang ada di Desa Gudangharjo, Kecamatan Paranggupito, kamu bisa menyaksikan pertemuan antara air asin dengan air tawar yang nggrojog dari tebing di bibir pantai. Inilah yang membuat Pantai Banyutowo berasa agak tawar, seperti namanya. 

Selain fenomena menarik tersebut, pemandangan di pantai ini pun memukau, lengkap dengan pasir putih dan tebing terjal yang instagenik banget. Pantai Banyutowo juga belum banyak dikunjungi orang jika dibanding Pantai Kalimirah yang juga ada di Kecamatan Paranggupito.

 

Pantai Puyangan

Pantai Puyangan. (Jatenglive.com)

Bergerak ke timur, kamu akan menjumpai Pantai Puyangan yang berada di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito. Yang asyik, pantai ini memiliki garis pantai yang lumayan panjang. Dengan pasir putih dan air laut nan jernih, susah untuk nggak terpesona dengan pantai ini.

Spot latar foto paling menarik di pantai tersebut adalah dua tebing yang mengapit pantai. Indah banget! Kamu juga nggak bakal terganggu banyaknya wisatawan lantaran pantai ini belum menjadi tempat wisata andalan di Wonogiri seperti Nampu atau Sembukan.

Pantai Nampu

Pantai Nampu. (Brobali.com)

Nah, sebagai gong dari beach hopping-mu, sambangilah Pantai Nampu yang berada di Dringo, Kelurahan Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito. Jaraknya dari Pantai Puyangan hanya sekitar 15 menit. Kalau dari pusat kota, jaraknya sekitar 70 kilometer ke selatan.

Akses menuju pantai ini cukup baik. Namun, kamu perlu menggunakan kendaraan pribadi karena belum ada angkutan umum menuju ke Pantai Nampu. Kamu juga perlu menuruni bukit menggunakan anak tangga menuju bibir pantai. Butuh tenaga dan kesabaran ya! Ha-ha.

Selain pasir putihnya yang khas pantai selatan, Pantai Nampu banyak dipuji pelancong karena keindahan panoramanya. Kamu nggak bakal menyesal, deh, pernah melakukan perjalanan ke sana! (IB08/E03)