Bayar Cuma Goceng di Goulf Grand Maerakaca, Jajal Bermain 'Golf di Atas Air'

Bayar Cuma Goceng di Goulf Grand Maerakaca, Jajal Bermain 'Golf di Atas Air'
Goulf berikan pengalaman menjajal olahraga golf. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Di Goulf Grand Maerakaca, seorang amatir pun bisa mencoba sensasi main golf di atas air. Hanya dengan modal goceng, kamu bisa mencoba floating golf pertama di Kota Semarang ini.  

Inibaru.id – Coeur d'Alene Resort di Kootenai, Idaho, AS, dikenal dunia karena lapangan golfnya yang unik. Di resor yang berada di tepi danau itu, kamu bisa bermain golf di sebuah pulau hijau yang mengambang di atas air. Mengasyikkan sekali!

Namun, nggak perlu jauh-jauh ke Coeur d'Alene kalau pengin merasakan sensasi main golf di atas air. Di Kota Semarang, Jawa Tengah, tepatnya di Goulf Grand Maerakaca, kamu juga bisa merasakan sensasi ini. Dibangun mengambang di atas "danau", kamu bisa menjajal wahana ini dengan biaya masuk yang murah meriah.

Wahana yang diresmikan pada awal Februari lalu itu terbuka bagi siapa pun yang pengin mencoba olahraga “mahal” ini. menurut Djou, marketing Goulf Grand Maerakaca, di sini semua kalangan bisa mencoba sensai bermain golf. Ehm, semua kalangan itu termasuk saya yang jelata ini! Ha-ha.

“Semua kalangan bisa masuk, dari latar belakang mana saja,” ungkapnya.

Semua Alat Disediakan

Sudah dipinjami alat! (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)
Sudah dipinjami alat! (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Oya, untuk berkunjung ke sini, kamu nggak perlu membawa peralatan apa pun. Perlengkapan golf seperti stik dan bola sudah disediakan, kok. Kalau belum pernah mengenal olahraga ini, kamu juga akan mendapat pengenalan singkat terkait golf dan cara memainkannya.

“Ya, kami akan mengenalkan cara bermainnya, mulai dari (jenis) stik, kegunaan, serta cara memegangnya,” jelas Djou.

Sebagai pegolf amatiran, saya pun mulai diperkenalkan dengan beberapa stik golf, yang disebut club, dan fungsinya. Djou juga mengajari posisi badan serta kaki yang benar saat akan memukul bola. Oh ya, yang juga penting, dia juga mengajarkan gimana posisi tangan yang tepat saat memegang stik.

Jujur, aturan main dan cara memainkan golf yang diajarkan Djou itu sempat membuat saya keder duluan. Namun, menurut saya, tempat ini sangat tepat untuk kamu yang pengin belajar golf dari level paling dasar. Sembari belajar, kamu juga bisa sekalian refreshing dan berekreasi.

“Hall 1 ini dikhususkan untuk rekreasi dan edukasi," terang Djou, perempuan berkacamata yang hari itu mengenakan topi putih dan bermasker hitam. "Alat akan kami pinjami semua.”

Pertama di Semarang

Floating golf Goulf terinspirasi dari luar negeri. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)
Floating golf Goulf terinspirasi dari luar negeri. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Floating golf atau golf di atas air menjadi permainan yang cukup masyhur di mancanegara. Selain di Coeur d'Alene Resort, permainan golf di atas air yang juga cukup terkenal bisa kamu temukan di Dubai. Djou mengatakan, Goulf Grand Maerakaca juga mengadopsi permainan itu.

“Iya, di luar negeri sudah banyak floating golf. Bola dipukul dari darat ke arah danau atau sebaliknya,” kata dia, yang mengklaim Guolf sebagai floating golf pertama yang dibangun di Kota Semarang.

Arena bermain golf di Maerakaca ini cukup menarik karena dibangun di atas rawa yang area sekitarnya dipenuhi mangrove. Jadi, sembari bermain golf, kamu bisa menikmati ekosistem pesisir yang dipenuhi pohon bakau nan rindang.

Saat ini, Goulf hanya memiliki tiga golf range yang fungsinya untuk melatih pukulan memakai putter, stik golf yang dipakai untuk pukulan jarak pendek. Alih-alih berolahraga, tempat ini sejatinya lebih cocok untuk bikin konten, belajar golf, atau sekadar eksis.

“Ada juga yang datang untuk berfoto. Kami juga akan bantu untuk pengambilan foto atau videonya,” kelakar Djou.

Goulf Grand Maerakaca dibuka tiap hari mulai pukul 10.00 WIB pada hari biasa dan pukul 08.00 WIB pada akhir pekan. Untuk menjajal wahana ini selama 15 menit, kamu cukup mengeluarkan bujet sebesar Rp 5.000. Murah banget, bukan?

Area golf terapung ini berada di bagian belakang Grand Maeraka. Dari pintu masuk, kamu bisa langsung belok ke kanan, lalu menyusuri hutan mangrove. Goulf berlokasi di belakang anjugan Kabupaten Rembang.

"Wahana ini masih tahap pengembangan. (Nantinya) akan ada lapangan yang lebih besar yang bakal diresmikan pertengahan Maret mendatang, dibangun di sekitar wahana Lumia," pungkas Djou.

Buat yang pengin berekreasi sekaligus belajar golf tanpa mengeluarkan bujet terlalu besar, kamu bisa mengunjungi tempat ini. Namun, tetap perhatikan protokol kesehatan ya, Millens(Zulfa Anisah/E03)