Bala Balakang: Pulau yang Memanjakan Mata

Kepulauan Bala Balakang memiliki pemandangan cantik nan indah. Dari atas akan tampak belasan gugusan pulau menyembul di tengah lautan berair biru kehijauan. Dijamin kamu betah berlama-lama di sana

Bala Balakang: Pulau yang Memanjakan Mata
Panorama Kepulauan Bala Balakang. (Beritagar.id)

Inibaru.id – Millens tentu tahu Indonesia adalah negara kepulauan. Nah, Kepulauan Bala Balakang di Selat Makassar menyajikan pemandangan yang so beautiful. Sejauh mata memandang akan tampak belasan pulau yang menyembul di tengah laut biru. Ikan hias dan terumbu karang bisa kamu lihat dengan mata telanjang. Wow, ini sangat memanjakan mata wisatawan.

Mengutip Beritagar.id (16/1/2018), Kepulauan Balakang sempat diperebutkan dua wilayah. Nama resmi kepulauan ini Bala Balakang. Tetapi kebanyakan orang mengenalnya dengan sebutan Balabalagan.

Kepulauan yang berada di wilayah Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat ini lebih dekat dengan Kalimantan Timur lo, Millens. Perjalanan wisata ke Bala Balakang akan memakan waktu sampai delapan jam dari Kalimantan Timur.

Meskipun perjalanannya lama, sesampainya di tempat tujuan, kamu bakal dimanjakan oleh gugusan pulau dengan masing-masing keunikannya. Kamu bisa lihat ikan hias berwarna-warni.

Baca juga:
Taman Ujung Soekasada, Tempat Singgah Keluarga Kerajaan
Berkunjung ke "Pulau Awet Muda" di Sumenep

Tapi di kepulauan ini nggak ada hotel, so kamu bisa bermalam di rumah penduduk atau kapal nelayan. Cocok sekali untuk yang suka bertualang.

Adapun akses untuk menuju ke lokasi bisa bertolak dari lima titik. Empat di Kalimantan Timur adalah Kampung Baru Balikpapan, Penajam, Desa Lori Tana Grogot, dan Desa Tanjung Aru Tana Grogot. Titik satunya dari Mamuju di Sulawesi Barat.

Untuk sampai ke tempat luar biasa ini transportasi yang digunakan bergantung atas jumlah orang yang bepergian. Jika hanya sendiri atau berdua, Millens bisa pertimbangkan untuk menumpang kapal nelayan. Biasanya mereka bertolak dari Manggar, Kampung Baru, Pelabuhan Tanjung Batu Penajam, dan Tanjung Aru Tana Grogot.

Perlu kamu ketahui, kamu tak sekadar menumpang sampai tujuan, melainkan juga menumpang tidur dan makan, dan menjelajah pulau sesuai rute nelayan. Biasanya mereka menyambangi Pulau Sabakattang, Pulau Saboyang, Pulau salissingan, dan Pulau Samataha dan Pulau Popongan.

Di situ kamu bisa menikmati kehangatan sinar matahari di tepi pantai dan bermain dengan penyu laut pada siang hari.

Selain Pulau Popongan, ada beberapa pulau berpenghuni lain yang juga bisa dijadikan tempat bermalam, termasuk Pulau Samataha, Pulau Saboyang, Pulau Lamudaan, dan Pulau Sabakatang.

Baca juga:
Cape Town, Kota Ramah Muslim di Afrika Selatan
Yuk Nikmati Keindahan Titik Nol Citarum!

Selama berada di Balabalagan, sempatkan juga menyambangi pulau-pulau tak berpenghuni seperti Pulau Sumanga Besar, Pulau Lalungan, dan Pulau Kamariyang Besar dan Kecil. Ketika di kedalaman satu sampai tiga meter saja, Millens sudah bisa menikmati keindahan teurmbu karang dan berbagai ikan hias.

Bolehlah kapan-kapan jalan-jalan ke Kepulauan Bala Balakang untuk menghilangkan rasa penat. (LAM/SA)