Bagasi Pesawat Berbayar? Coba Sikapi dengan 5 Cara Ini!

Bagasi Pesawat Berbayar? Coba Sikapi dengan 5 Cara Ini!
Tumpukan koper yang akan dimasukkan ke dalam bagasi pesawat. (Pixabay)

Sejumlah pesawat komersial telah resmi menjual bagasinya. Ini tentu bukan berita menyenangkan bagi calon penumpang. Nah, gimana menyikapinya?

Inibaru.id – Sejumlah maskapai penerbangan komersial berbiaya rendah atau kategori low-cost carrier (LCC) di Indonesia belakangan mulai memasang tarif untuk bagasi pesawat. Setelah Wings Air dan Lion Air, Citilink juga berencana menjual bagasi pesawatnya mulai awal Februari nanti.

Kebijakan ini tentu membuat para calon penumpang gusar. Namun, sesuai Peraturan Menteri Perhubungan No 185 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri, ketentuan ini bisa dilakukan.

Dikutip dari Inibaru.id, Senin (28/1/2019), maskapai penerbangan kelompok layanan no frills memang diperbolehkan membebankan biaya bagasi kepada penumpang. Nah, Lion Air, Wings Air, dan Citilink masuk kelompok layanan ini, pun demikian dengan Air Asia dan Susi Air.

https://picjumbo.com/wp-content/uploads/woman-hand-luggage-airplane-free-photo-DSC08469-2210x1473.jpg

Kabin pesawat menjadi satu-satunya "bagasi" tak berbayar bagi penumpang. (Picjumbo)

Jadi, kamu yang biasa menggunakan maskapai tersebut tentu harus bersiap dengan biaya tambahan itu atau hanya mengandalkan bagasi kabin yang gratis. Namun demikian, kamu bisa, kok, tetap berhemat dengan mengandalkan cara berikut ini. Apa saja?

  1. Cek secara Detail Aturan Maskapai

Sebelum berangkat, pelajarilah secara mendetail aturan ukuran dan bobot bagasi kabin gratis yang diperbolehkan sebelum berangkat. Plus, jangan lupa cek juga tarif bagasi tambahannya. Ini akan memudahkanmu saat packing atau memilah barang bawaan.

  1. Gabung Milis Maskapai

Sejumlah maskapai kadang memberi bagasi tambahan bagi anggota milis. Citilink, misalnya, menyediakan bagasi cuma-cuma sebesar 10 kilogram bagi anggota Supergreen dan Garudamiles. Tenang, untuk menjadi anggota milis biasanya gratis, kok.

  1. Sortir dan Timbang Bawaan

Setelah mengumpulkan segala informasi tentang maskapai, saatnya menyortir barang bawaan. Gunakan skala prioritas dengan memperkirakan jumlah dan jenis barang.

Nah, setelah semua masuk koper atau ransel, timbanglah bawaanmu sebelum berangkat. Terus, kalau kamu berencana membeli oleh-oleh saat pulang, jangan lupa sisakan ruang di tasmu, ya!

  1. Beli Bagasi via Daring karena Biasanya Lebih Murah

Kalau kamu merasa barang bawaanmu nggak memungkinkan untuk hanya ditaruh di kabin pesawat, mulailah berpikir untuk membeli bagasi via daring. Kamu bisa membelinya di laman resmi maskapai atau agen perjalanan yang bekerja sama. Ingat, belinya jangan mendadak!

  1. Kirim Barang lewat Ekspedisi Jika Memungkinkan

Jika memungkinkan, kamu juga bisa mengirim barang via jasa ekspedisi. Bandingkan tarif bagasi tambahan dengan jasa ekspedisi. Kalau jalur ekspedisi lebih murah, kenapa nggak dicoba? (IB20/E05)