Babymoon yang Sehat, Seperti Apa?

Babymoon yang Sehat, Seperti Apa?
Babymoon. (Flytographer.com)

Setelah melewati masa-masa pernikahan cukup lama, nggak ada salahnya kamu bernostalgia dengan indahnya momen honeymoon. Kali ini, kamu bisa melakukannya sembari menunggu kelahiran bayi. Aktivitas ini disebut babymoon. Wah, apa itu babymoon?

Inibaru.id – Pergi berbulan madu atau honeymoon menjadi salah satu cara untuk menghabiskan waktu romantis bersama pasangan tanpa terganggu oleh kesibukan apa pun. Nah, sembari menunggu kelahiran buah hati, kamu juga bisa kembali "berbulan madu" bersama suami, dan calon bayi, yang biasa disebut babymoon.

Babymoon. (Travelbydarcy.com)

Diperkenalkan kali pertama oleh Sheila Kitzinger, penulis buku asal Inggris, babymoon bisa menjadi cara mempererat hubungan dengan pasangan sekaligus jadi momen spesial masa kehamilan. Nggak hanya itu, babymoon juga bisa membangkitkan mood positif calon ibu, termasuk mempercepat proses penyembuhan setelah persalinan.

Nah, bagaimana ya agar babymoon kamu berjalan lancar? Simak tips yang ditulis Travelingyuk.com ini, yuk.

Pilih Waktu yang Tepat

Memilih waktu yang tepat. (parenting.firstcry.com)

Waktu yang paling disarankan untuk melakukan babymoon adalah pada trimester kedua kehamilan. Pada usia tersebut, biasanya sang ibu sudah terbiasa dengan kondisi tubuhnya. Apalagi, perut juga masih belum terlalu besar.

Konsultasi pada Dokter Kandungan

Konsultasi dengan dokter. (vietnamnet.vn)

Bagi seorang ibu yang sedang mengandung, jalan-jalan untuk jangka waktu cukup lama memang tampak "berbahaya". Karena itu, konsultasi pada dokter spesialis kandungan perlu dilakukan. Cobalah untuk memeriksa kesiapan tubuh untuk melakukan perjalanan. Kamu juga perlu meminta catatan prenatal, ya, untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu.

Pilih Tujuan yang Nyaman

Memilih tujuan yang nyaman. (anniebabymonitor.com)

Agar nggak lelah di perjalanan, kamu bisa memilih tujuan liburan yang nggak terlalu jauh. Dengan demikian, kamu juga bisa menikmati momen spesial dengan tenang bersama pasangan dan calon bayi. Oya, pilih alat transportasi yang nyaman juga, ya.

Kamu juga perlu menghindari destinasi liburan yang ekstrem. Nggak mau, kan, keselamatan calon buah hati jadi terganggu? Pantai yang tenang, alun-alun kota, atau taman bermain cukup pas untuk kamu singgahi.

Cari Kuliner yang Menyehatkan

Memilih kuliner yang menyehatkan. (telegraph.co.uk)

Nggak ada salahnya untuk berburu kuliner lezat, apalagi sembari melakukan dinner romantis. Eits, tapi ibu hamil nggak boleh makan sembarangan, ya. Pola makan perlu dijaga dengan baik. Makanan yang meningkatkan tekanan darah dan minuman beralkohol pun sebaiknya dihindari.

Dengan mengikuti empat tips itu, semoga babymoon yang kamu rencanakan bisa berjalan lancar dan nyaman, ya. Selamat menikmati waktu berdua bersama pasangan, dan calon buah hati! (IB08/E03)