Persiapan Perjalanan Mudik, Atasi Mual dengan Cara-Cara Ini

Persiapan Perjalanan Mudik, Atasi Mual dengan Cara-Cara Ini
Pijat pelipis untuk mengatasi rasa mual. (Theconversation)

Mual menjadi salah satu gangguan yang menyebalkan saat menempuh perjalanan jauh seperti mudik. Kendati mengganggu, ini bukan berarti nggak bisa diatasi, lo. Coba terapkan hal ini!

Inibaru.id – Melakukan perjalanan jauh seperti mudik bagi sebagian orang terasa seperti mimpi buruk. Salah satu penyebab nggak nyaman ini adalah rasa mual yang datang.

Keinginan untuk muntah menjadi penyebab orang nggak bisa menikmati perjalanan dengan tenang. Untuk meminimalisasi gangguan ini, ada beberapa hal yang bisa kamu terapkan, lo. Yuk, terapkan dulu tips-tips ini!

Alihkan Pandangan

Mual bisa disebabkan berbagai hal, misal bau bensin saat naik bus. Ketimbang mengirupnya terus-menerus, cobalah ambil saputanganmu dan basahi dengan sedikit air. Tempelkan saputangan yang basah itu ke hidung, lalu alihkan pandanganmu ke jendela dan cobalah nikmati pemandangan di luar.

Jangan Langsung Makan Berat

Jika kamu sedang berpuasa, jangan langsung isi perutmu dengan makanan berat saat waktu berbuka tiba. Cobalah mengonsumsi makanan ringan dulu seperti biskuit atau buah. Jika perut sudah beradaptasi, jangan pula asal memilih makanan berat yang mengandung banyak minyak.

Jangan Menatap Layar Gawai

Untuk mengalihkan rasa mual, sebagian orang mungkin berpikir bermain gawai bisa menyelamatkan mereka. Padahal, dengan menatap layar gawai selama perjalanan, ini justru bikin pusing tambah parah dan rasa mual meningkat. Alihkan kegiatan ini dengan aktivitas lain seperti mendengarkan audiobook atau musik.

Konsumsi Obat Anti-mabuk

Jika kamu menempuh perjalanan di pagi hari, konsumsilah obat anti-mabuk saat sahur. Jangan dengan sengaja nggak sahur karena ini justru bakal memperparah rasa mualmu.

Ngobrol dengan Penumpang Lain

Rasa mual bisa pula dialihkan dengan mengajak orang di sekitarmu ngobrol. Dengan membangun komunikasi, ini akan membuatmu lupa pada rasa mual yang sedang kamu alami. Ajak mereka membahas hal-hal ringan yang menyenangkan. Siapa tahu, dari sana justru kebaikan bakal datang menghampirimu.

Mual memang menyebalkan, namun bukan berarti nggak bisa diatasi. Cara-cara tersebut cukup efektif untuk bisa kamu terapkan selama perjalanan. Yang terpenting, sebelum berangkat, jaga kondisi tubuhmu supaya nggak ngedrop ya. (IB15/E03)