Asyiknya Berlibur ke Pantai Bandengan Jepara

Angin sepoi-sepoi, bau laut yang khas, dan lembutnya pasir putih. Duh, liburan di pantai memang mengasyikkan ya, Millens. Seperti liburan di Pantai Bandengan ini.

Asyiknya Berlibur ke Pantai Bandengan Jepara
Pasir putih membuat Pantai Bandengan makin eksotis (jejakpiknik.com)

Inibaru.id – Kabupaten Jepara terkenal dengan wisata pantainya yang berpasir putih dan indah. Salah satunya Pantai Bandengan. Dinamai Bandengan lantaran letaknya yang berada di Desa Bandengan, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dari pusat kota, pantai berpasir putih tersebut berjarak sekitar tujuh kilometer.

Menjangkau Pantai Bandengan tidaklah sulit. Aksesnya cukup mudah. Baik kendaraan kecil maupun besar, semisal bus, bisa menjangkau pantai tersebut. Ombaknya yang nggak terlalu besar membuat Pantai Bandengan cukup aman buat berenang atau sekadar bermain air di tepi pantai. Apalagi di sana banyak permainan air yang bisa kamu jajal. Jetski, banana boat, water flying fish, dan water jetpack adalah di antaranya.

Dikutip dari penawisata.com (10/10/2017), fasilitas di Pantai Bandengan bisa dibilang sudah cukup lengkap. Ada penyewaan ban renang, musala, saung atau gazebo, toilet, area pembilasan badan, juga tempat penitipan barang. Oya, di sana juga terdapat banyak restoran dan pusat oleh-oleh yang bisa memuaskan hasrat kamu berburu kuliner.

Pintu masuk Pantai Bandengan. (Abdullahhatta.wordpress.com)

Kalau kamu pengin menginap, tenang saja, banyak hotel dan penginapan di sekitar Pantai Bandengan yang bisa kamu pilih sesuai bujet. Hm, jadi bisa berlama-lama di sana, kan? Biasanya Pantai Bandengan ramai dipadati pengunjung pada hari libur, Millens. Jadi, kamu bisa mengatur waktu yang tepat untuk berkunjung tuh.

Pantai Bandengan juga merupakan gerbang menuju Pulau Panjang dan Pulau Karimunjawa yang terkenal akan keeksotisannya. Selain di Bandengan, kamu juga bisa menyewa perahu untuk menyeberang ke Pulau Panjang, atau lebih jauh lagi ke Karimun Jawa yang jauh lebih keren pantainya.

Asal Mula Bandengan

Lebih dikenal sebagai Pantai Bandengan, pantai paling dikenal di Jepara selain Pantai Kartini ini sejatinya punya nama lain, yakni Pantai Tirto Samudro. Namun, masyarakat setempat merasa lebih mudah menyebutnya dengan nama Pantai Bandengan. Gimana asal mula nama Bandengan?

Konon, zaman dahulu, Amir Hasan, putra dari Sunan Muria sempat diperintahkan untuk merantau dan memperdalam ilmu agama ke Pulau Karimunjawa. Saat tiba di pantai, dia dan para pengikutnya melihat banyak banget ikan bandeng. Maka, dinamailah pantai tersebut Pantai Bandengan, seperti ditulis tempatwisatasekitar.blogspot.com (20/1/2017). Sayangnya nggak ada sumber yang pasti mengenai kisah itu.

Oya, mulai 1987 pengelolaan Pantai Bandengan sudah diambil alih oleh Pemerintah Kabupaten Jepara. Meski begitu, pemkab Jepara tetap mengutamakan warga sekitar untuk dapat bekerja di pantai itu. Wah, jadi tetap seimbang ya.

Pantai Bandengan. (Indonesiaexplorer.net)

Untuk berkunjung ke sana, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 5.000 pada hari biasa. Sedangkan pada akhir pekan, kamu harus membayar Rp 7.000. Terjangkau, bukan?

Hm, menikmati sepoi-sepoi angin Pantai Bandengan sambil bermain di lembutnya pasir putih. Semakin syahdu saat kamu bisa menyaksikan matahari terbenam di sana. Nah, tunggu apa lagi? Yuk sempatkan piknik ke Pantai Bandengan! (IB10/E03)