Tiga Lokawisata Air yang Menarik di Lereng Gunung Slamet

Tiga Lokawisata Air yang Menarik di Lereng Gunung Slamet
Pancuran Telu (kacamatawisata.blogspot.com)

Menjadi salah satu gunung terbesar di Jawa, Gunung Slamet berdiri di antara lima kabupaten. Nggak hanya mendaki gunung tersebut saja yang menarik, pelbagai lokawisata air di lerengnya juga perlu kamu sambangi, lo! Mana saja?

Inibaru.id – Masyarakat Jawa zaman dulu selalu bilang, gunung adalah tempat yang harus dihormati. Selain bisa menimbulkan bencana, warga percaya jika gunung memberikan berkah, misalnya tanah yang subur.

Manfaat itu sejatinya masih "bertahan" hingga sekarang. Ini nggak hanya tentang kesuburan tanah yang dihasilkan, lereng gunung juga bisa menyejahterakan masyarakat setempat karena bisa dijadikan sebagai lokasi wisata. Belakangan, wanawisata atau lokawisata di lereng gunung memang tengah digandrungi masyarakat, tak terkecuali di Gunung Slamet.

Gunung yang berada di lima kabupaten di Jateng itu memang penuh pesona. Namun, pelancong kini datang nggak hanya untuk mendaki. Sejumlah objek wisata air juga berdiri di sekitar lereng gunung tertinggi di Jateng tersebut. Apa saja di antaranya?

  1. Lokawisata Baturaden

Lokawisata Baturaden. (travtou.com)

Pengin mendapatkan pemandangan alam yang asri dan sejuk? Tempat ini menawarkan suasana tersebut. Kamu yang lelah dengan hiruk-pikuk perkotaan bisa memanjakan dirimu dengan tenangnya suasana pegunungan khas Baturaden.

Di sana, kamu bisa menemukan objek wisata alam yang berpadu dengan modernitas, yakni Lokawisata Baturaden. Lokawisata Baturaden memiliki banyak wahana seperti kolam renang, air terjun, hingga pemandian air panas belerang. Wah, laik dicoba!

  1. Pancuran Pitu dan Pancuran Telu

https://media.travelingyuk.com/wp-content/uploads/2017/01/Pancuran-pitu.jpg

Pancuran Pitu (travelingyuk.com)

Pemandian air panas belerang di Pancuran Pitu dan Pancuran Telu layak masuk daftar tujuanmu jika berkunjung ke Gunung Slamet. Letak kedua pancuran ini terpisah cukup jauh, jadi sebelum berangkat kamu sebaiknya memilih mau berendam di mana.

Pancuran Telu bisa kamu lewati melalui Lokawisata Baturaden, sementara Pancuran Pitu bisa kamu tempuh melalui tiga jalur, yakni Pancuran Telu, Hutan Wisata Baturaden, dan Desa Kalipagu.

  1. Curug Telu

http://wisatabanyumas.com/wp-content/uploads/2018/03/curug-2Btelu-800x445.jpg

Curug Telu (wisatabanyumas.com)

Curug Telu adalah tiga air terjun yang berada dalam satu tempat. Meski nggak memiliki ukuran yang sama, tiga air terjun ini membentuk pemandangan yang indah, lo. Airnya yang jernih dan suasana yang sejuk dipastikan bakal menarik minat banyak pengunjung untuk bermain-main di sana.

Nggak jauh dari Curug Telu, ada pula Curug Bidadari. Curug Bidadari inilah yang menjadi sumber air Curug Telu.

Sebelum berkunjung ke beberapa objek wisata tersebut, pastikan untuk membawa pakaian ganti yang agak banyak ya, Millens. Semoga liburanmu menyenangkan dan jangan lupa pulang! Ha-ha. (IB15/E03)